Pemkab Tuban Ajak Masyarakat Tanggap Resiko Bencana

0
Suasana pelatihan relawan. (Rohman)
Suasana pelatihan relawan. (Rohman)

Halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengajak masyarakat dan relawan untuk peduli lingkungan supaya tidak terjadi bencana di wilayah Tuban. Pasalnya, wilayah Tuban masuk dalam katagori resiko bencana.

Bumi wali sebutan Kabupaten Tuban masuk urutan ke 147 Kabupaten dari 400 Kabupaten atau Kota se Indonesia yang memiliki Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) dalam catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).  Sedangka tingkat jawa timur, Kabupaten Tuban masuk urutan ke 15 dari 38 Kota atau Kabupaten yang memiliki indeks resiko bencana.

Potensi resiko bencana itu mulai dari puting beliung, tanah longsor, kekeringan, banjir dan potensi bencana lainnya. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan sosialisasi pengurangan resiko bencana yang di gelar oleh Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, di Pendopo Tuban, Senin, (17/4/2017).

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, dalam sambutanya mengatakan bahwa kejadian bencana di Tuban terus meningkat dari tahun – ke tahun. Faktor utama kejadian bencana tersebut disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dan masyarakat tidak bisa menjaga lingkungan.

“Salah satu dampak jika masyarakat tidak bisa menjaga lingkungan atau membuang sampah sembarang, maka akan menjadi langganan banjir. Sehingga kita meminta para Camat untuk selalu mesosialisasikan agar masyarakat peduli lingkungan,” terang Wabup Tuban.

Sementara itu, Joko Ludiono, Kepala Pelaksana BPBD Tuban, menjelaskan bahwa masyarakat atau relawan untuk tanggap darurat jika terjadi bencana. Hal itu dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan bencana, terutama berupa penyelamatan korban, harta benda, dan evakuasi korban ke pengusian.

“Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya bencana di Tuban,  masyarakat dilarang melakukan penambangan liar,” tambah Joko Ludiono.

Sebatas di ketahui, sosialiasi yang di ikuti relawan dan pihak terkait lainnya itu mendatangkan beberapa narasumber. Diantaranya, Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad, Ketua DPRD Tuban, H. Miyadi, Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo dan beberapa lainnya. Dengan mengangkat tema menuju Tuban bumi wali yang tangguh, berkelanjutan dan sejahtera. (roh)

Tinggalkan Balasan