Pemkab Tuban Kembangkan Kendaraan Roda Tiga Ramah Lingkungan

0
Wabup Tuban ketika akan mencoba angkutan ramah lingkungan di kantornya.

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mulai merencanakan pengembangan bisnis berupa alat angkutan kendaraan roda tiga ramah lingkungan. Hal itu guna mendukung sarana transportasi di wilayah Kabupaten Tuban.

Beberapa bulan kedepan kendaraan yang menyerupai bajaj itu akan diperkenalkan kepada masyarakat sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam bidang transportasi. Terlebih angkutan yang memiliki kapasitas bisa mengangkut 2-3 penumpang itu ditargetkan akan menjadi icon baru di Tuban, sebagi solusi alat transportasi dengan model dan pelayanan khusus.

Operator pengelola angkutan itu dipegang Badan Umum Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tuban PT Ronggolawe Sukses Mandiri. Serta masyarakat Tuban diberikan kesempatan untuk ikut memiliki angkutan itu dengan dikoordinir oleh Ronggolawe Sukses Mandiri.

“Kita masih tahap mengkaji kendaraan ramah lingkungan dan wisata itu buat kebutuhan masyarakat Tuban,” kata Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein usai mencoba angkutan tersebut.

Ketika mencoba, Wabup Tuban langsung mengendarai kendaraan itu untuk keliling di halaman depan kantornya. Selain itu, ia juga melakukan pengecekan beberapa fasilitas dan kegunaan dari kendaraan itu.

“Kita berharap tahun ini kendaraan ramah lingkungan itu sudah bisa beroperasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” tambah Wabup Tuban.

Menurutnya, sejauh ini masih dalam tahap penjajakan dan dipelajari terlebih dahulu untuk menyesuaikan kondisi daerah, dan kebutuhan masyarakat Tuban. Selain itu, nantinya kendaraan ini juga dapat digunakan sebagai alat transportasi buat para pelajar dan pengubung tempat wisata satu dengan wisata lainnya yang ada di Tuban.

”Sejauh ini sudah ada beberapa daerah yang menggunakan kendaraan seperti ini, makanya akan kita kembangkan di Tuban,” jelas Wabup Tuban yang dipercaya rakyat dua periode.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Muji Slamet, mengaku alat angkutan lingkungan itu tidak akan mengganggu akutan kota atau sejenisnya, seperti becak yang sudah beroperasi di Tuban selama ini. Justru angkutan itu akan saling mendukung dan lebih menggairahkan roda perekonomian di Tuban.

“Bahkan dengan hadirnya angkutan lingkungan ini, kami bisa melibatkan warga Tuban untuk ikut andil memiliki angkutan ini di bawah operator pengelola PT Ronggolawe Sukses Mandiri,” terang Muji Slamet.

Dengan dilakukan penjajakan itu, operator pengelola akan melakukan beberapa sosialisasi dan perkenalan kepada masyarakat. Harapannya peran serta masyarakat semakin terpacu untuk ikut memiliki angkutan tersebut. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here