Pemkab Tuban Minta Pengelola Wisata Memperhatikan Kelestarian Alam

0
Wabup Tuban bersama rombongan ketika mengunjugi wisata Nganget, di Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Tuban.

halopantura.com Tuban – Pemkab Tuban terus berupaya mengembangkan potensi wisata yang ada di Bumi Wali Tuban. Termasuk, meminta agar pengelola wisata memperhatikan kelestarian alam.

Hal itu disampaikan Wabup Tuban Noor Nahar Hussein, setelah beberapa hari mengunjungi tempat wisata di beberapa lokasi yang berbeda. Diantaranya, mengunjungi objek wisata alam di Goa Putri Asih, Air Terjun Nglirip, Wana Wisata Nganget, dan Wana Wisata Prataan. 

“Pengelolaan wana wisata harus memperhatikan kelangsungan kelestarian alam. Hal ini berkaitan erat dengan konservasi ekosistem dan lingkungan sekitarnya. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dapat dilibatkan untuk mengelola dan melestarikan lingkungan sekitar,” ungkap Wabup Tuban, Kamis, (24/1/2019).

Di samping itu, ia meminta pengembangan objek wisata dapatnya melibatkan warga desa setempat. Pelibatan warga tersebut harus diiringi dengan edukasi bahwa pelayanan kepada wisatawan merupakan aspek terpenting dalam pengelolaan wisata.

“Diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabup menyatakan bahwa Pemkab Tuban terus menggiatkan berbagai potensi wisata, baik wisata edukasi maupun kuliner. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melebarkan dan meningkatkan kualitasnya jalan menuju lokasi sehingga mempermudah akses.

“Setelah semua data potensi wisata terkumpul, selanjutnya akan diintegrasikan dan dibuat peta wisata di Kabupaten Tuban,” terang Wabup Tuban.

Wabup dua periode ini juga menghimbau kepada penggelola objek wisata dapat menggandeng awak media untuk ikut mempromosikan terkait keberadaan atau potensi wisatanya. Serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan promosi. 

“Promosi akan meningkatkan jumlah pengunjung wisata,” pungkasnya. (mus/roh)

Leave a Reply