Pendaftaran Caleg Dibuka 4 Juli, Setiap Dapil Wajib 30 Persen Keterwakilan Perempuan

2
Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri. (rohman)

halopantura.com Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019.

Menyikapi hal itu KPU Kabupaten Tuban telah membuat pengumuman tentang syarat pengajuan bakal calon DPRD Tuban, dan telah disebar luaskan ke beberapa media massa. Dengan tahapan pendaftaran bakal caleg (calon legeslatif) dilaksanakan selama 14 hari.

“Pendaftaran dimulai tanggal 4 sampai dengan 17 Juli,” kata Ketua KPU Tuban, Kasmuri, Senin, (2/7/2018).

Menurutnya, pendaftaran hari pertama sampai dengan hari ke tiga belas dimulai pukul 08.00 Wib sampai 16.00 Wib. Sedangkan hari terakhir dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wib sampai 24.00 Wib, dilaksanakan di kantor KPU Tuban, di jalan Pramuka nomor 3.

“Salah satu ketentuan pengajuan bakal calon, parta politik wajib memasukan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan dan dokumen bakal calon ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon),” tambah Kasmuri.

Baca : https://www.halopantura.com/wp-content/uploads/2018/06/PENGUMUMAN-CALEG-2019.pdf

Lebih lanjut, Kasmuri mengatakan syarat pengajuan bakal calon ada beberapa hal. Diantaranya, diajukan oleh pimpinan partai politik dari kepengurusan yang sah sesuai tingkatannya, dengan jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari kursi yang telah ditetapkan setiap Dapil.

“Selain itu, syarat pengajuan bakal calon wajib di susun dengan memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen di setiap dapil, dan informasi lebih lanjut bisa langsung datang ke kantor,” tegas Kasmuri. (rohman)