Penerima Rastra di Tuban Naik 97.104 Keluarga Penerima

0
Bupati Tuban memberikan rastra kepada salah satu warga. (Musyafa')
Bupati Tuban memberikan rastra kepada salah satu warga. (Musyafa')

halopantura.com Tuban – Penerima program pembagian beras sejahtera (Rastra) buat masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan sebesar sebesar 97.104 rumah tangga penerima manfaat dibanding tahun 2016 kemarin. Pada tahun 2017 ini wilayah Tuban mendapat jatah Rastra  sebesar 106.814 untuk warga yang kurang mampu, Jum’at, (14/4/2017).

Setiap penerima rastra itu warga mendapatkan jatah beras sebesar 15 kilo gram (Kg) perbulan yang dialokasikan selama 12 bulan. Selanjutya, setiap pengambilan beras di masing – masing titik distribusi penerima dikenakan harga tebusan beras sebesar Rp1.600 perkilogram.

Dengan adanya program tersebut di katakan Bupati Tuban, H. Fathul Huda, dapat mengentas kemiskinan di wilayah Tuban dan upaya itu harus didukung banyak pihak. Serta diharapkan para Camat harus mengetahui angka kemiskinan di masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Camat harus bersinergi dengan Kepala Desa untuk melakukan pendataan angka kemiskinan di desanya masing-masing dengan kondisi yang sebenarnya. Selanjutnya, ketika sudah diketahui kondisi kemiskinan yang valid, akan ada berbagai program bantuan untuk mengentaskannya,” jelas Bupati Tuban.

Bupati menjelaskan bahwa program subsidi rastra itu, merupakan program subsidi harga penjualan beras bagi masyarakat berpendapatan rendah yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan maksud dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga mudah mengakses pangan sebagai kebutuhan dasar manusia.

“Program ini merupakan bagian dari program pemerintah daerah dalam menanggulangi persoalan kemiskinan, yang jumlahnya masih cukup tinggi” tegas Bupati Tuban.

Lebih lanjut, agar tepat sasaran Bupati mengusulkan agar rastra di bagi secara tunai yang di sesuaikan dengan nama dan alamat. Sebab dengan cara tersebut akan dapat mempermudah pengelolaanya dan pemantauan program tersebut.

“Program tersebut harus selalu dimonitor perkembangannya, supaya tepat sasaran dan membantu warga yang benar membutuhkan,” tegas H. Fathul Huda itu.

Program tersebut telah di Sosialisasikan Bupati Tuban di Pendopo Tuban dengan melibatkan beberapa pihak terkait yang nantinya diteruskan kepada penerima program itu. Selain itu, sosialisasi itu juga melibatkan tim Koordinasi Rastra Kabupaten Tuban bekerjasama dengan Perum Bulog Subdivre Bojonegoro. (saf/roh)

Tinggalkan Balasan