Pengamanan Pemilu, Kasdim Bojonegoro Ikuti Tactical Games Operasional Sistim Pengamanan Kota

0
Suasana permainan Taktis (Tactical Floor Game/TFG) Operasional Sistim Pengamanan Kota di Makodim Bojonegoro.

halopantura.com Bojonegoro – Dalam rangka pengamanan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) April 2019 mendatang, Polres Bojonegoro memaparkan metode pengamanan melalui Permainan Taktis (Tactical Floor Game/TFG) Operasional Sistim Pengamanan Kota, dihalaman Mapolres setempat, Kamis (14/03).

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Inf Hairil Achmad, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Danki 3 Yon C Sat Brimob, Kasatpol PP, Kepala Dinas PMK, Kepala Dinkes, Kepala Dishub, Kepala RS Bhayangkara, Kepala PLN, Dansubden Pom V/2-1, jajaran Danramil dan Kapolsek se- Kabupaten Bojonegoro, serta Kabag Ops Polres Tuban dan Lamongan.

Dalam sambutannya, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, SIK., MH., M.Si., mengatakan bahwa permainan taktis atau Tactical Games Operasional Latihan Sispam Kota dilakukan dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2019.

TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai. Tujuannya adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan, baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

“Tujuan dilaksanakannya giat TFG Operasional Latihan Sispam Kota dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 adalah agar personel yang terlibat dalam sispam kota dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peran masing-masing,” jelasnya.

Dirinya berpesan agar melaksanakan persiapan secara maksimal, baik personel maupun peralatan dari masing-masing Instansi dalam rangka pelaksanaan Sispamkota dan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pam Pemilu 2019. Selain itu, agar seluruh Kapolsek dan Stake Holder harus mengetahui cara bertindak dan langkah yang diambil saat terjadi kejadian.

“Kerjasama yang baik antara Kapolsek, Danramil dan Kepala Instansi terkait untuk mengendalikan anggotanya. Karena melibatkan personel yang banyak,” ujarnya.

Sementara itu, hadir mewakili Dandim, Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Inf Hairil Achmad mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung Polri dan penyelenggara Pemilu, demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019. Yakni dengan menyiagakan anggota Kodim secara keseluruhan, yang terbagi menjadi beberapa titik pengamanan, guna meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Untuk menciptakan Pemilu yang aman, damai dan sukses, TNI siap mem-back up Polri dalam rangka Harkamtibmas,” tegasnya. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here