Pengamanan Pilbup, Polres Jombang Siaga di 2.194 TPS

0
Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto.

halopantura.com Jombang – Pilihan Bupati Jombang yang akan digelar pada 27 Juni 2018 nanti dipastikan mendapatkan pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Selain sejumlah titik rawan, tiap-tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) juga akan dijaga oleh aparat berkorps cokelat.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto mengungkapkan, nantinya petugas berkonsentrasi untuk menjaga 2.194 TPS di seluruh wilayah Jombang dengan menggunakan tiga pola penjagaan melihat tingkat kerawanan sesuai situasi yang berkembang.

“Kategori aman, lima TPS dijaga satu anggota polisi dan dua linmas. Tahap rawan satu, satu TPS dijaga satu anggota polri dan dua linmas. Sedangkan kategori rawan dua, satu TPS dijaga dua anggota polri dan dua linmas,” kata Kapolres, Sabtu (12/1/2018).

Untuk jumlah personel gabungan yang diterjunkan sebanyak 9.389 personel gabungan yang terdiri dari berbagai unsur. Terdiri dari 765 personel Polri dan 448 personel TNI, 31 personel Dishub, serta 31 personel Dinkes juga 8.038 personel Linmas ikut dalam pengamatan pilkada nanti.

“Untuk menjaga kondusivitas Pilkada tersebut jajaran kepolisian menggandeng semua elemen, serta melakukan pencegahan dengan deteksi dini setiap permasalahan untuk antisipasi hal terburuk,” kata Agung Marlianto.

Ia menambahkan, terkait titik rawan konflik pilkada di Kabupaten Jombang, sejauh ini masih belum ditemukan.”Alhamdulillah belum ada titik rawan, sebanyak 2.194 TPS itu kita lakukan penjagaan pengamanan secara optimal,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau agar seluruh calon serta tim sukses mentaati seluruh proses dan prosedur yang sudah ditentukan oleh KPU sehingga proses demokrasi bisa berjalan lancar, dan kondusif. Termasuk juga dengan tidak menyebarkan isu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) selama tahapan kampanye.

“Kita memberikan jaminan rasa aman kepada penyelenggara maupun peserta pilkada. Untuk itu kami ingatkan jangan ada pihak-pihak yang berniat mengacaukan situasi jika tidak ingin berhadapan dengan kami,” pungkas Kapolres.

Pada Pilbup Jombang nanti sebanyak tiga pasangan calon telah mendaftar di KPU setempat. Masing masing paslon yakni, Mundjidah – Sumrambah yang diusung Partai Demokrat, PPP dan Gerindra didukung Perindo. Kemudian Pasangan Petahana Nyono Suharli Wihandoko – Subaidi diusung Partai Golkar, PKB, Nasdem serta Pasangan Kombes Pol Syafi’in – Choirul Anam diusung PDI Perjuangan dan Partai Hanura. (fin/roh)

Tinggalkan Balasan