Pengunjung Samsat Tuban Membludak, Diprediksi Sampai Tiga Hari

0
Antrian wajib pajak di Samsat Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, kantor Samsat Tuban yang berada di jalan Teuku Umar Tuban, langsung diserbu ratusan masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Kenaikan pengunjung itu dipredisikan akan terjadi selama tiga hari kedepan ini, Senin, (3/7/2017).

Penuhnya pengunjung, membuat masyarakat yang membayar wajib pajak harus rela antri, dan ada yang antri di depan teras kantor Samsat. Bahkan tempat parkir yang disediakan tak cukup, dan terpaksa kendaran roda empat harus di parkir di tepi jalan raya karena tempat parkir penuh.

“Mobil saya parkir di luar karena di dalam penuh,” kata salah satu wajib pajak yang mengaku bernama Yanto.

“Tadi kita juga ikut antri untuk membayar pajak, takut telat dan kena denda, makanya kita rela antri mas,” ungkap Indah, pengunjung lain yang ditemui di kantor Samsat Tuban.

Selain itu, antrian pengunjung juga terjadi untuk cek fisik kendaran sepeda motor sebagai persyaratan pembayaran pajak lima tahunan. Petugas cek fisik nampak kualahan, di saat masyarakat memadati halaman Samsat itu.

“Membludaknya pengunjug seperti ini dikarenakan setalah libur lebaran kemarin,” tambah Indah.

Sementara itu, Kepala Unit Regident Sat Lantas Polres Tuban Iptu M Gananta, mengatakan bahwa pengunjung yang datang di hari pertama masuk kerja ini diperkirakan mencapai lebih dari 700 wajib pajak. Jumlah itu mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding hari biasanya, yang hanya mencapai sekitar 300 wajib pajak.

“Wajib pajak di hari ini memang meningkat, tepai pelayanan kepada tetap kita jaga, walaupun tadi ada antrian,” ungkap Iptu M. Gananta.

Upaya untuk menjaga pelayanan, Iptu M Gananta, mengatakan bahwa ada penambahan petugas di Samsat agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar bisa cepat. Selain itu, ada tambahan pelayanan Mider (keliling, red) yang digunakan untuk antisipasi membludaknya pengunjung.

“Kita optimalkan pelayanan program Samsat Mider untuk antisipasi banyaknya pengunjung, dan prediksikan kenaikan pengunjung ini sampai tiga hari kedepan. Setelah itu akan kembali normal,” jelasnya.

Bahkan, mobil Samsat Keliling juga dikerahkan di sekitar kantor untuk mengantisipasi terus bertambahnya pengunjung. (rohman)

Tinggalkan Balasan