Pengurus PSI Tuban Kritisi Penerapan Parkir Berlangganan di Tepi Jalan Umum

0
Pengurus dan simpatisan kader PSI Kabupaten Tuban.

halopantura.com Tuban – Penerapan sistem baru yang dilakukan Pemkab Tuban berupa parkir berlangganan di tepi jalan umum kembali di sorot. Kali ini, tanggapan dilontarkan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Tuban.

“Pemkab Tuban harus serius dalam mengawasi pelaksanaan parkir berlangganan, khususnya pembinaan juru parkir,” kata Agus Rahmadika, Wakil Ketua DPD PSI Tuban, Rabu, (6/9/2017).

Sebelumnya, Rudi Hariyanto, kader partai Golkar Tuban juga meminta agar penerapan parkir berlanggan dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Sehingga dalam pelaksanaannya, sistem parkir itu berjalan dengan baik dan tidak ada kebocoran dalam retribusi parkir.

Bacahttps://www.halopantura.com/golkar-soroti-penerapan-parkir-berlanggan-di-tepi-jalan-umum/

Hal senada itu juga diungkapkan Agus Rahmadika, bahwa jangan sampai ada kebocoran pendapatan dalam penerapan parkir itu. Karena potensi pemasukan buat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tuban sangat tinggi dari retribusi parkir itu.

“Jika ada kebocoran, nanti yang dirugikan adalah masyarakat. Makanya, kita minta agar setiap bulan dilakukan evaluasi, karena parkir itu baru diterapkan di Tuban ini,” jelas Agus panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, Agus berharap seluruh juru parkir (jukir) yang terlibat dalam pengelolaan parkir berlangganan juga diberikan identitas yang jelas untuk membedakan jukir yang resmi. Terlebih, petugas jukir supaya melayani masyarakat dengan baik, dan tidak ada pungli yang dilakukan oleh oknum jukir.

“Jika ada pungli dari jukir, maka harus ditindak tegas. Agar penerapan parkir berlangganan ini berjalan bersih,” tegas Agus.

Sebatas diketahui, setiap kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir berlangganan sebesar Rp 20 ribu dalam satu tahun. Selanjutnya, mobil penumpang dikenakan tarif Rp 40 ribu per tahuan.

Sedangkan mobil barang Jumlah Berat Bruto (JBB) diatas 3.500 Kg dikenakan tarif berlangganan Rp 60 ribu pertahun. Dalam pelaksanaan dilapangan, penerapan parkir itu akan diterapkan dengan baik.

Hal itu disampaikan Muji Slamet, Kepala Dishub Tuban, dalam launching dan sosialiasi penerapan parkir berlangganan, pada Kamis, (31/8/2017) lalu. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan