Peringatan Maulid Nabi, Narapidana Tuban Diajak Tingkatkan Keimanan

0
Suasana acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Lapas Tuban.

halopantura.com Tuban – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Tuban menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, dengan dikemas penuh sederhana, di Masjid lapas setempat, Rabu pagi, (13/12/2017).

Sebanyak 386 tahanan dan narapidana Lapas Tuban mengikuti acara itu dengan penuh khusyuk sampai acara selesai. Dengan tausyiah disampaikan oleh KH. Abdul Wachid Ahmad SH dari Kecamatan Bancar – Tuban.

“Acara peringatan maulid nabi tersebut rutin digelar setiap tahun,” kata Humas Lapas Tuban, Subiyanto.

Menurutnya, salah satu tujuan acara itu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan buat warga binaan Lapas Tuban terhadap Tuhan YME. Selain itu, acara itu untuk menunjukkan kecintaannya kepada Rasulullah Muhammad SAW.

“Kita ingin warga binaan sehat jasmani dengan kegiatan seperti ini, dan meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Terlebih mereka juga terus meningkatkan keimanan,” ungkapnya.

Maulid Nabi itu mengangkat tema “meneladani akhlak Rasulullah, kita terapkan dikehidupan sehari-hari”. Sehingga para warga binaan bisa memperbaiki diri dan akhlak selama berada ditahanan.

“Semoga apa yang disampaikan di acara tadi menjadi semangat buat warga binaan untuk berubah lebih baik, khususnya nanti ketika mereka kembali ditengah-tengah masyarakat,” tambah Subiyanto.

Lebih lanjut, Subiyanto menjelaskan, acara Maulid Nabi tersebut juga menjadi salah satu bentuk pembinaan spiritual terhadap warga binaan. Bahkan, setiap Jum’at juga diselenggarakan pengajian rutin buat warga binaan sebagai bentuk pembinaan rohani.

“Pendekatan atau pembinaan rohani untuk menyentuh hati warga binaan terus kita lakukan, dan itu merupakan program unggulan di lapas. Dengan harapan sikap atau perbuatan mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik,” tegasnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan