Perketat Pengamanan Rekapitulasi, Gudang Penyimpanan Surat Suara Pemilu 2019 Dikunci Berlapis

0
Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono. (dok, 2018)

halopantura.com Tuban – Petugas kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Linmas siaga selama 24 jam di masing-masing kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Tujuannya untuk mengamankan rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2019 di kantor kecamatan.

Petugas yang berjaga juga terlihat membawa senjata api laras panjang. Serta anggota juga tidak akan segan-segan untuk memberikan tindakan tegas jika ada oknum yang berusaha mengganggu jalannya proses penghitungan.

“Personil siaga 24 jam untuk mengamankan rekapitulasi penghitungan surat suara, dan akan kita tindak tegas jika ada yang mengganggu, ” ungkap Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, Sabtu, (20/4/2019).

Kapolres Tuban menegaskan seluruh personil telah diperintahkan untuk memperketat pengamanan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai Kabupaten. Langkan itu sebagai upaya keamanan dalam mengawal kotak suara dan surat suara hingga proses rekapitulasi selesai.

“Pengaman terus kita tingkatkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita juga menjamin proses ini berjalan aman dan lancar,” tegas Perwira jebolan Akpol 2000 itu.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah melakukan koordinasi antara KPU bersama Bawaslu Tuban terkait penyimpanan kotak suara dan surat suara di tingkat Kabupaten. Hasilnya, ditentukan satu gudang untuk menyimpan logistik surat suara yang telah selesai rekapitulasi tingkat PPK.

“Hasil koordinasi telah ditentukan satu gudang yang akan digunakan untuk menyimpan kotak suara dan surat suara di tingkat Kabupaten,” jelas mantan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Jateng itu.

Lebih lanjut, AKBP Nanang mengungkapkan, pengamanan gudang tempat penyimpanan kotak dan surat suara di tingkat Kabupaten nantinya akan dilakukan dengan menggunakan kunci berlapis. Masing-masing kunci dipegang oleh kepolisian, KPU dan Bawaslu. Hal itu untuk menjamin rekapitulasi penghitungan surat suara ditingkat kabupaten berjalan lancar dan aman.

“Di lokasi gudang pun akan dilengkapi dengan beberapa kamera CCTV,” tegas Kapolres Tuban.

Sebatas diketahui, rekapitulasi tingkat PPK hari ini sudah mulai berjalan. Masing-masing kotak dan surat suara dari tingkat desa sudah dikirim dan menunggu giliran penghitungan.

Sesuai jadwal proses rekapitulasi tingkat PPK ditargetkan selesai dalam 10 hari usai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Sehingga, pada awal Mei mendatang bisa dilakukan rekapitulasi di tingkat KPU Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here