Pertamina GRR Project Tuban Salurkan Bantuan Alat Kesehatan Buat Tenaga Medis

0
Penyerahan alat kesehatan yang diterima Sekda Tuban di Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban.

halopantura.com Tuban – Gelombang bantuan untuk penanggulangan wabah virus corona terus mengalir dari berbagai pihak. Kali ini PT Pertamina (Persero) kembali melakukan aksi kepedulian dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Komitmen tersebut dibuktikan Pertamina dengan membagikan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) hingga vitamin untuk mendukung kerja para tenaga medis yang ada di Bumi Wali Tuban. Pasalnya, saat ini tenaga medis sedang berjuang digarda terdepan dalam pananganan virus coronan.

Penyerahan bantuan itu dilakukan oleh tim dari kilang minyak atau New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban yang diwakilakan oleh Kepala Keamanan NGRR Tuban, Budiono. Bantuan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, diserahkan di Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban, Jumat (24/4/2020).

“Bantuan ini merupakan bagian dari Program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19. Diharapkan bisa bermanfaat bagi tim kesehatan di Tuban dalam upaya penanggulangan Covid-19,” kata Project Coordinator NGRR Tuban, Kadek Ambara Jaya.

Kadek menjelaskan, bantuan yang diberikan kali ini yakni 20.000 sachet vitamin C, 60 set APD untuk tim medis, 5.000 lembar masker medis, 14.000 masker kain dan 100 liter hand sanitizer.

“Bantuan itu nanti akan disebar di beberapa titik fasilitas kesehatan,” ungkap Kadek panggilan akrabnya.

Untuk RSUD dr. Koesma Tuban mendapat 20 set APD medis dan 2.000 lembar masker medis. Sedangkan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RS NU) Tuban juga mendapat 20 set APD medis dan 2.000 lembar masker medis.

“Tak hanya itu, bantuan tersebut juga diberikan untuk Puskesmas Kota Tuban, yakni 10 set APD dan 1.000 lembar masker medis dan 5.000 lembar masker kain. Lalu, Puskesmas Kecamatan Jenu juga mendapat 10 set APD dan 9.000 lembar masker kain,” kata Kadek.

Ia menjelaskan sebelumnya tim NGRR Tuban juga telah menyalurkan bantuan untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tuban. Bantuan yang diberikan yakni 10.000 lembar masker, 400 pasang sarung tangan, 50 liter hand sanitizer, 50 liter disinfektan, 5 unit alat semprot disinfektan, dan 5 unit thermal gun atau alat pengukur suhu tubuh.

“Bantuan itu disebar di balai-balai desa dan fasilitas kesehatan desa di Tuban,” ungkapnya.

Tak berhenti disitu, tim NGRR Tuban juga melakukan penyemprotan disinfektan di jalanan yang terbentang di 17 desa di Kecamatan Jenu, Tuban. Total ada 14 ribu disinfektan yang disemprotkan di jalanan tersebut yang dilakukan secara bertahap.

“Penanganan penyebaran Covid-19 ini merupakan perhatian dan tanggung jawab kita bersama. Ini merupakan partisipasi aktif dari Pertamina agar penyebaran Covid-19 tidak mewabah di Tuban, dan masyarakat Tuban terbebas dari virus ini,” kata Kadek.

Sementara itu, aksi kepedulian tim NGRR Tuban itu mendapat pujian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban.

“Kita banyak terima kasih kepada GRR Tuban yang telah memberikan sumbangsih lewat gugus Tugas. Kendati belum beroperasi proyek kilang minyak ini, sudah membantu pencegahan virus korona,” ungkap Budi Wiyana Sekretaris Gugus Tugas sekaligus menjabat Sekda Tuban.

Lebih lanjut, bantuan masker ini sangat bermanfaat, apalagi Pemkab Tuban telah mewajibkan warganya untuk menggunakan masker apabila keluar rumah. Termasuk, menggunakan masker ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Bantuan yang kita terima ini akan segera kami distribusikan ke rumah sakit maupun puskesmas yang ada,” pungkasnya. (rohman)

Tim NGRR Tuban ketika usai menyerahkan bantuan alat kesehatan di kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban.

Tinggalkan Balasan