Perusahaan Tak Ikut, Wabup Tuban Bakal Evaluasi Bursa Kerja 2017

0
Para pencari kerja ketika berada di lokasi. (Musyafa')
Para pencari kerja ketika berada di lokasi. (Musyafa')

halopantura.com Tuban – Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein, bakal melakukan evaluasi kegitan yang bertajuk Bursa kerja 2017 yang di selengarakan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (Naker) Kabupaten Tuban. Pasalnya, beberapa perusahan yang ada di Tuban, khusunya yang berdiri megah di wilayah Kecamatan Jenu tidak terlihat dalam kegiatan itu.

Padahal kegiatan yang digelar selama dua hari, sejak Selasa (9/5/2017) hingga Rabu (10/5/2017), di gedung GOR Tuban itu sangat di tunggu para pencari kerja. Namun ketidak ikutan beberapa perusahan plat merat yang ada di Tuban dalam kegiatan itu membuat sebagian peserta kecewa.

“Saya kira banyak perusahaan yang ada di Tuban ikut dalam acara itu, tetapi setelah masuk di gedung hanya terlihat sedikit,” terang Amin salah satu pencari kerja asal Tuban lulusan perguruan tinggi yang ada di Tuban.

Kondisi seperti itu membuat Wabup Tuban usai pembukaan acara itu akan melakukan evaluasi dan mengefektifkan kegiatan tahunan ini. Sebab perusahaan atau penyedia lowongan kerja yang ikut dalam kegiatan ini menurun dibanding tahun sebelumnya.

“Kita meminta kegiatan yang digelar selama dua hari ini terus ditingkatkan dalam layanan informasi untuk para pencari kerja, karena yang ikut ditahun ini menurun,” terang Wabup Tuban.

Bursa kerja tahun ini hanya di ikuti sebanyak 36 perusahaan atau lembaga. Sedangkan pada tahun sebulmnya diikuti sekitar 74 lembaga atau perusahaan penyedia lowongan kerja. Kondisi tersebut membuat ruangan yang barada di dalam GOR Tuban banyak yang kosong karena minimnya perusahan yang ikut.

“Jika dibanding tahun – tahun sebelumnya, yang ikut dalam bursa kerja ini sangat menurun. Tahun lalu yang ikuti sekitar 74 perusahan dan sekarang hanya 36 lembaga atau perusahaan,” kenang Wabup Tuban ketika di wawancarai awak media.

Menurutnya, kejadian seperti ini harus di evaluasi kenapa perusahan tidak ikut padahan ini bagian tanggung jawab mereka (perusahaan) untuk memberikan informasi lowongan kerja bagi pencari kerja. Jika perusahan sengaja tidak ikut dalam acara ini, maka harus di tegur kerana melangar aturan.

“Kita sudah meminta dinas terkait untuk melakukan pengecekan, kenapa perusahan tidak ikut. Apakah ada masalah atau yang lainnya, sehingga nantinya menjadi evaluasi buat kita,” tegas Wakil Bupati Tuban.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Sony Kurniawan, mengaku sudah memberikan informasi terkait kegiatan ini kepada Perusahaan atau lembaga lain yang ada di Tuban. Tetapi hanya satu perusahan yang menyatakan tidak bisa ikut dalam kegiatan itu.

“Secara tertulis yang menyatakan tidak bisa ikut dalam kegiatan ini adalah pihak TPPI Jenu. Yang lainya belum memberan informasi tertulis kenapa tidak ikut,” terangnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan