Petani di Empat Desa Gayam Terima Pembekalan Materi Pertanian

0
Pembekalan program SLP untuk petani. (Galuh Setiyadi)

halopantura.com Bojonegoro – Sebagai tindak lanjut program Sekolah Lapang Pertanian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro bekerjasama dengan ExxonMobile Cepu Ltd (EMCL) menyelenggarakan pembekalan materi pertanian bagi warga masyarakat di Rumah Belajar Petani di Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Jum’at (29/12/2017) kemarin.

Pembekalan program Sekolah Lapang Pertanian diberikan kepada warga dari empat Desa di Kecamatan Gayam, diantaranya Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, dan Brabowan. Pembekalan materi ini dilakukan agar dapat menambah wawasan bagi petani sebelum praktik langsung ke lapangan mengenai sistem pertanian yang baik. Mulai dari pengenalan pupuk, cara penyebaran benih yang baik, cara menghemat biaya pada pembibitan, dan juga cara penanganan hama padi.

Acara ini disambut antusias oleh warga masyarakat mulai dari bapak maupun ibu-ibu dari peserta Sekolah lapang Pertanian dari Kecamatan Gayam.

Ir. Darsan, M. Agri, dari Fakultas Pertanian Unigoro menyampaikan, agar petani selalu berhati-hati dan mengerti cara penanganan hama penyakit pada tanaman padi. Selain itu, Darsan juga memaparkan mengenai beberapa alternatif termasuk penggunaan Nutrisi Darsan, hingga langkah-langkah menggunakan Nutrisi Darsan bagi petani terhadap tanaman padi.

“Kita harus belajar sistem pertanian yang baik. Mulai dari pengenalan pupuk, cara penyebaran benih yang baik, serta cara menghemat biaya pada pembibitan. Kami mohon kepada para petani untuk selalu berhati-hati dan mengerti cara penanganan hama penyakit pada tanaman padi,” ucap Ir. Darsan, Sabtu (30/12/2017).

Ketua LPPM Laily Agustina Rahmawati berharap, petani dapat memahami tentang teknik pemupukan tanaman padi yang benar, mekanisme pengendalian hama tanaman padi, dan juga penggunaan Nutrisi Darsan untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktifitas tanaman padi. (luh/roh)

Tinggalkan Balasan