Petani Tebu Jombang Terima Kartu Tani Sehat

0
Ilustrasi. (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

halopantura.com Jombang – PTPN X memberikan fasilitas Kartu Tani Sehat (KTS) kepada puluhan petani tebu binaanya di wilayah Jombang. Kartu Tani yang diberikan secara cuma-cuma ity, memiliki sejumlah fasilitas khusus di bidang kesehatan bagi petani yang memegangnya.

Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Bisnis PTPN-X, Nanang Nugroho, mengatakan, kartu tani sehat tersebut, berfungsi sebagai nilai tambah dan mempermudah petani saat ingin mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit dibawah naungan PTPN-X.

Selain diskon biaya perawatan, juga ada kelebihan lain yang bisa diperoleh petani. Semisal, pemeriksaan laboratorium, laundry, obat dan kamar serta home visit(kunjungan) maupun prioritas atrean.

“Kami sudah buat regulasi secara internal, harapannya agar kami bisa lebih dekat dengan petani,” terang Nanang, Rabu, (31/7/2019).

Menurut Nanang, sejauh ini sudah terdata sebanyak 6 ribu petani di Jawa Timur binaan PTPN-X, termasuk 50 petani asal Jombang yang telah memiliki fasilitas Kartu Tani. Semuanya telah aktif dan dapat digunakan semenjak kartu tersebut diluncurkan di daerah mereka masing-masing.

Namun demikian, kata dia, sejauh ini Kartu Tani Sehat tersebut masih berlaku bagi satu orang saja, yakni petani yang bersangkutan. Kedepannya, fasilitas itu direncanakan akan diberikan juga bagi keluarga mereka.

“Sekali lagi ini tidak ada biaya apapun, syaratnya yang pertama petani harus jadi binaan PTPN-X dulu. Di Jombang ini sebenarnya lebih dari 50 orang, cuma yang kami simboliskan 50 dulu. Total semua yang di PG Djombang Baru 500 petani lebih,” terangnya.

Nanang menjelaskan, para pemegang KTS itu dapat mendapatkan fasilitas di empat rumah sakit ternama di Jawa Timur. Yakni RS Gatoel di Mojokerto, RS HVA di PareKediri, RS Medika Utama di Blitar dan Jember Klinik di Jember.

“Anggaran yang kami siapkan ini dari anggaran promosi internal kami, tentunya semua fasilitas sudah kami perhitungkan,” pungkasnya.

Sementara itu, General Meneger PG Djombang Baru, Edwin Risnanto mengatakan, melalui KTS itulah peran kemitraan PTPN X dengan petani bisnisnya.

“Kemitraan PG dengan petani inu tidak melulu bisnis ya, tapi kami juga ingin memberikan benefit bagi petani yang menjadi mitra PTPN X, ” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, demi meningkatkan kemitraan dengan para petani, kedepan peningkatan fasilitas kartu tani sehat tersebut akan dikembangkan untuk menjangkau keluarga petani. (fin/roh)

Leave a Reply