Petugas KPPS Meninggal, KPU Tuban Ingatkan PPK Istirahat Jika Lelah

0
Komisioner KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus. (rohman)

halopantura.com Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban telah membuat laporan terkait adanya petugas yang meninggal dunia saat menjalankan tugas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pemilu 2019.

Laporan tersebut telah disampaikan kepada KPU RI dengan harapan keluarga yang ditinggal mendapatkan santunan.  Hal itu disampaikan Komisioner KPU Tuban, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yayuk Dwi Agus, Senin, (22/4/2019).

“Kita sangat berduka atas kejadian itu, dan laporan telah kita buat. Keputusan terkait santunan kepada keluarga duka nantinya KPU RI yang menentukan,” ungkap Yayuk panggilan akrab Komisioner KPU Tuban itu.

Atas kejadian itu, Yayuk meminta kepada semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk memperhatikan kesehatan dan kondisi tubuh mereka saat bekerja. Sebab saat ini mereka tengah bekerja untuk melakukan rekapitulasi surat suara tingkat kecamatan.

“Jika merasa lelah (PPK,red) maka harus istirahat, meski sebentar, jangan memaksakan diri. Sebab tugas bisa bergantian dengan kawan lainnya dan tetap menjaga kondisi kesehatan buat para PPK,” pesan Yayuk ketika ditemui di Kantor KPU Jalan Pramuka Tuban.

Lebih lanjut, saat ini tahapan Pemilu telah dilaksanakan rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan dengan target selesai sampai tanggal 4 Mei 2019. Setelah itu dilakukan rekapitulasi tingkat kabupaten sampai 7 Mei 2019.

“Sampai saat ini rekapitulasi tingkat kecamatan belum ada kendala dan tahapan masih aman,” tambah Yayuk.

Pemberitaan sebelumnya, Edi Supandi (48), petugas KPPS 024 di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, meninggal dunia, Minggu sore, (21/4/2019). Diduga ia meninggal karena kelelahan setelah lembur melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019.

Baca : https://www.halopantura.com/lembur-sampai-malam-anggota-kpps-di-tuban-meninggal/

Sebelum meninggal, anggota KPPS itu bertugas sampai larut malam untuk melakukan penghitungan surat suara di TPS 24 Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Hal itu disampaikan M. Ali Abdil Rahman, Ketua Panwascam Semanding, Tuban.

Setelah bertugas, petugas KPSS tersebut mengalami deman lantaran mengalami riwayat sakit jantung dan kelelahan. Hingga akhirnya pingsan yang harus dilarikan ke rumah sakit tetapi nyawanya tidak tertolong. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here