Pilkada 2020, PDI-P Tuban Prioritaskan Usung Kader Internal

0
Ketua DPC PDIP Kabupaten Tuban, Andi Hartanto. (rohman)

halopantura.com Tuban – PDI-Perjuangan Kabupaten Tuban terus bersiap menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Salah satunya, melakukan penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Dalam penjaringan, partai berlambang kepala banteng itu akan memprioritaskan mengusung kadernya sendiri untuk maju dalam Pilkada. Namun, PDI-P tidak menutup kemungkinan memberikan ruang kepada calon eksternal dengan melihat dinamika perkembangan politik.

“Prioritas kader internal yang kita berangkatkan, tetapi kalau tidak ada bisa dari eksternal,” kata Ketua DPC PDIP Tuban, Andi Hartanto disela-sela agenda rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) menyambut Pilkada serentak 2020, di laksanakan di gedung KSPKP Tuban, Selasa (3/09/2019).

Menurutnya, proses penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dimulai tanggal 5 sampai 15 September 2019. Setelah itu, nama yang telah masuk sesuai kriteria dalam penjaringan akan disampaikan ke DPP paling akhir 23 September 2019.

“Proses penjaringan dilakukan terbuka, dan tidak ada mahar politik,” jelas Andi yang juga anggota DPRD Tuban.

Selama ini, ia menyampaikan PDI-P telah membuka komunikasi kepada semua parpol dan semua elemen masyarakat untuk membangun koalisi. Komunikasi itu juga untuk pemetaan daerah terkait dinamika politik sebelum pelaksanaan Pilkada.

“Pemetaan dilakukan secara internal terkait solidaritas partai, dan eksternal berkaitan semua komponen untuk kemenangan Pilkada,” beber Andi.

Untuk mencalonkan, PDI-P harus berkoalisi dengan partai lain. Sebab raihan kursinya belum sampai 20 persen dari jumlah kursi dewan. Raihan kursi partainya hanya memiliki 5 kursi DPRD Tuban.

“Kita harus berkoalisi dengan parpol lain untuk mengusung calon, koalisi masih terbuka lebar buat semua parpol,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan terkait kriteria calon yang diinginkan harus memiliki komitmen dan ideologi sama. Serta menginginkan calon yang terbaik khususnya untuk masyarakat Tuban.

“Kita cari calon terbaik untuk kita usung dalam Pilkada. Nama-nama calon sudah ada, dan banyak,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan