Pilkada di Tengah Pandemi, Bawaslu RI Ajak Santri Tuban Jadi Mitra Pengawasan Partisipatif

0
Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, ketika tiba di area makam Sunan Bonang Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) mengajak para santri menjadi mitra pengawas pemilu dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada serentak 2020. Pasalnya, keberadaan santri ini memiliki sejumlah posisi strategis di segala bidang yang akan membuat pengawasan semakin efektif.

Hal itu disampaikan Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, usai menggelar istighosah pengawasan dengan tema memperkuat peran santri dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada tahun ini. Kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan itu digelar di Masjid Astana yang berada di bangunan kompleks makam Sunan Bonang Tuban, Kamis, (22/10/2020).

Mochammad Afifuddin menambahkan, keberadaan santri saat ini menjadi komunitas yang luar biasa dan punya banyak posisi-posisi strategis. Sehingga, para santri diminta untuk menjadi mitra pengawasan partisipatif agar pelaksanaan Pilkada tahun ini berjalan dengan baik.

“Kita berharap meraka (para santri, red) menjadi mitra pengawasan partisipatif. Karena kita sudah sering menggelar kegiatan yang bertajuk santri mengawasi, itu bagian dari partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada,” terang Anggota Bawaslu RI.

Selain itu, Afifuddin menjelaskan tujuan istighosah pengawasan ini bagian dari doa bersama agar Covid-19 segera hilang dan untuk keselamatan semua masyarakat. Termasuk, semua berdoa untuk kebaikan hajatan Pilkada yang akan segara dilakukan.

“Kita berharap Pilkada Tuban berjalan baik dan diawasi dengan baik pula agar tidak ada pelanggaran dan tidak ada yang menyoal hasilnya,” terangnya.

Kedatangan rombongan Bawaslu RI ke Tuban dalam rangka memperingati hari santri yang dikemas dalam doa bersama dan istighosah. Serta mereka juga ingin memastikan semua tahapan Pilkada berjalan dengan baik dan sesuai dengan protokol kesehatan yang diajukan pemerintah.

“Kami datang disini memperingati hari santri bersama jajaran pengawas dan memastikan kesiapan pengawasan di Tuban,” tegas Afifuddin.

Setelah istighosah, rombongan Bawaslu RI melanjutkan kegiatan dengan ziarah ke makam sunan Bonang. Dengan didamping para Komisioner Bawaslu Tuban, Anggota KPU dan beberapa pihak terkait lainnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan