Pilkada Tuban 2020, Koalisi Nasdem, PAN, PPP Ingin Usung Figur Milenial

0
Sumantri Ketua DPD NasDem Tuban (kanan), Aguk Sahabudin, Agung Supriyanto, dan Mashadi ketika jumpa pers usai deklarasi. (rohman)

halopantura.com Tuban – Setelah sukses menggelar deklarasi. Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan (F-RAP) DPRD Tuban periode 2019-2024, bakal menjalin silaturahmi dengan semua partai politik (parpol). Dengan tujuan untuk diajak koalisi dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban yang akan digelar 2020 mendatang.

Fraksi tersebut merupakan koalisi dari tiga parpol, yakni Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Setelah deklarasi kita akan jalin silaturahmi dengan partai politik yang ada di Tuban. Salah satunya membahas Pilkada” jelas Agung Supriyanto Ketua DPD PAN Kabupaten Tuban usai deklarasi fraksi, Minggu, (18/8/2019).

Fraksi itu akan berkoalisi dengan parpol lain untuk mengusung kandidat di Pilkada serentak tahun depan. Sebab, sesuai aturan untuk mengusung kandidat minimal didukung 20 persen dari suara parlemen atau 10 kursi dewan.

“Kita akan berkoalisi melihat kursi fraksi ini ada 7 dewan. Siapa pun yang mampu melaksanakan garis perjuangan fraksi ini, maka calon itu yang akan kita usung di Pilkada serentak 2020,” tegas Agung panggilan akrab Ketua DPD PAN Tuban.

Ia pun menyebutkan kriteria kandidat yang nantinya akan diusung harus bisa mengelola potensi sumbar daya alam yang ada di Tuban dengan maksimal, dan figur muda. Hal itu untuk kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakat.

“Pemimpin Tuban kedepan harus bisa mengelola potensi sumber daya alam dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Agung.

Sementara itu, Sumantri Ketua DPD NasDem Tuban mendorong kandidat calon bupati dan calon wakil bupati yang diusung pada Pilkada 2020 merupakan kader partai dari fraksi ini.

“Kami berharap, dari fraksi ini ada yang mencalonkan diri,” tegas Sumantri.

Lebih lanjut, tidak menutup kemungkinan calon yang diusung merupakan kader dari luar partai koalisi ini. Syaratnya, mewakili generasi muda atau milenial dengan memiliki kemampuan membangun Tuban lebih baik.

“Yang jelas (Tuban,red) butuh pemimpin muda atau milenial, yang bisa membangun Tuban ke depan lebih baik,” teganya.

Koalisi tiga parpol tersebut juga telah membidik beberapa nama-nama yang akan diusung untuk maju di Pilkada 2020. Namun, secara detail masih enggan membuka identitas.

“Nama-nama sudah ada, tetapi belum saatnya kita buka,” jelas Rasmani ketua panitia Deklarasi Fraksi RAP DPRD Tuban.

Pemberitaan sebelumnya, tiga partai politik (parpol) yang berasal dari NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akhirnya resmi deklarasi untuk membentuk Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan (F-RAP) DPRD Tuban periode 2019-2024, dilaksanakan D’Amnu di jalan Al Falah Tuban, Minggu, (18/8/2019).

Deklarasi itu dihadiri para pengurus parpol, relawan, dan anggota dewan yang terpilih pada Pemilu 2019. Selanjutnya, penandatanganan deklarasi fraksi yang dilakukan oleh masing-masing ketua parpol.

Baca: https://www.halopantura.com/poros-baru-tiga-parpol-berkoalisi-bentuk-fraksi-restorasi-amanat-pembangunan-dprd-tuban/

Baca : https://www.halopantura.com/sambut-pilkada-2020-nu-tuban-bentuk-tim-9-untuk-cari-figur-calon-bupati/

Terbentuknya koalisi tiga parpol itu, maka mereka memiliki kekuatan 7 anggota dewan dengan rincian Nasdem 2 kursi, PAN 3 kursi, dan PPP 2 kursi. (rohman)

Leave a Reply