Pilkades Serentak, Kapolres Tuban Sebut Ada 41 Daerah Rawan

0
Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono. (rohman)

halopantura.com Tuban – Polres Tuban telah memetakan titik kerawanan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan di gelar pada Rabu, 10 Juli 2019. Hasilnya, ada sekitar 41 desa yang masuk kategori rawan.

Pilkades serentak itu diikuti 274 desa, namun ada satu desa yang belum siap atau ditunda. Sehingga ada 273 desa yang akan menggelar Pilkades tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, menyampaikan hasil mapping terkait pengamanan sejauh ini semua masih kondusif. Namun ketika di mapping kerawanan pada Pilkades serentak ada daerah sangat rawan, rawan, dan tidak rawan.

“Kalau hasil mapping awal ada sekitar 62 daerah rawan dan sudah kita reduksi, sekarang turun menjadi 41 daerah rawan. Daerah sangat rawan tidak ada,” ungkap AKBP Nanang panggilan akrabnya, Selasa, (9/7/2019).

Menurutnya, untuk daerah rawan seperti adanya money politik dan perjudian yang bisa memicu persaingan di tingkat desa semakin memanas. Tetapi telah diantisipasi untuk dilakukan pencegahan sampai pelaksanaan Pilkades selesai.

“Adanya perjudian sudah kita petakan, jika tertangkap akan kita proses. Kalau kerawanan terkait isu SARA tidak ada,” jelas AKBP Nanang.

Dari sekitar 41 daerah yang masuk kategori rawan, pihak Polres Tuban tidak menyebutkan secara detail nama desanya. Tetapi pihaknya telah melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita telah melakukan antisipasi terkait potensi kerawanan, dan Alhamdulillah sampai saat ini masih kondusif,” tegas Jebolan Akpol angkatan 2000 itu.

Terkait pengamanan, pihak Polres Tuban telah melakukan apel kesiapan dan pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak.

“Kita sudah melakukan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak,” ungkap Mantan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Jateng itu.

Lebih lanjut, ia menambahkan untuk pengamanan dalam Pilkades serentak ini menerjunkan sekitar 1.651 personil gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Linmas. Meraka telah berada di masih-masing desa yang melaksanakan Pilkades.

“Kami Polres Tuban dengan didukung TNI, Linmas, Satpol PP, dan Pemerintah setempat telah siap melakukan pengaman Pilkades serentak,” terangnya.

Sebatas di ketahui, Pemkab Tuban telah mengucurkan anggaran sekitar Rp 9,4 miliar dari APBD 2019 Tuban untuk pelaksanaan Pilkades serentak.

Pada Pilkades tahun ini diikuti oleh 273 Desa dengan jumlah calon sebanyak 668 calon kepala desa (Cakades). Terdiri dari 548 calon laki-laki dan 120 calon perempuan. (rohman)

Leave a Reply