Poros Baru, Tiga Parpol Berkoalisi Bentuk Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan DPRD Tuban

1
Deklarasi Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan (F-RAP) DPRD Tuban periode 2019-2024. (rohman)

halopantura.com Tuban – Tiga partai politik (parpol) yang berasal dari NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akhirnya resmi deklarasi untuk membentuk Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan (F-RAP) DPRD Tuban periode 2019-2024, dilaksanakan D’Amnu di jalan Al Falah Tuban, Minggu, (18/8/2019).

Deklarasi itu dihadiri para pengurus parpol, relawan, dan anggota dewan yang terpilih pada Pemilu 2019. Selanjutnya, penandatanganan deklarasi fraksi yang dilakukan oleh masing-masing ketua parpol.

Terbentuknya koalisi tiga parpol itu, maka mereka memiliki kekuatan 7 anggota dewan dengan rincian Nasdem 2 kursi, PAN 3 kursi, dan PPP 2 kursi. Harapannya bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tuban.

“Terbentuknya fraksi ini untuk membangun Kabupaten Tuban lebih maju dan sejahtera, dan ini poros baru,” kata Rasmani ketua panitia deklarasi F-RAP DPRD Tuban.

Menurutnya, terbentuknya koalisi ini terbangun sejak bulan Ramadhan 2019. Setelah itu, tiga parpol sepakat untuk bergabung demi mengawal aspirasi masyarakat yang ada di Tuban.

“Anggota dewan belum di lantik, tetapi kita sudah deklarasi fraksi. Ini bentuk kesolidan tiga parpol, dan bisa menjadi promotor buat fraksi-fraksi lain,” jelas Rasmani politisi senior asal partai NasDem.

Dengan hadirnya fraksi poros baru itu diharapkan keberadaan anggota dewan bisa bermanfaat buat masyarakat luas. Termasuk untuk mengawal setiap kebijakan yang di ambil oleh eksekutif.

“Kami berharap koalisi ini tidak berakhir di gedung dewan saja. Tetapi berlanjut hingga Pilkada Tuban 2020, tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sumantri Ketua DPD NasDem Tuban dalam sambutannya.

Hal sama di sampaikan Agung Supriyanto Ketua DPD PAN Tuban. Ia menyampaikan fraksi ini untuk perubahan Tuban lebih baik, sejahtera, adil, dan makmur.

“Kesejahteraan bersama dapat terwujud dengan cara berkoalisi bukan berkompetisi, dan akhirnya untuk manfaat masyarakat Tuban,” tegas Agung yang juga terpilih sebagai anggota DPR Jatim pada Pemilu 2019.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Tuban Aguk Sahabudin menyampaikan, terbentuknya fraksi ini bagian dari ijtihad politik untuk menata Tuban lebih baik. Sehingga terwujudnya masyarakat yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

“Kesejahteraan masyarakat menjadi hal utama untuk kita perjuangkan, dan kita juga tidak ingin mendengar keluhan tentang pelayanan kesehatan,” tegas Aguk Sahabudin dalam sambutannya.

Hingga kini, Ketua Fraksi tersebut belum ditentukan. Karena masih melakukan rapat internal yang diikuti tiga parpol tersebut. (rohman)

1 KOMENTAR

Leave a Reply