Porprov Jatim 2019, Bupati Minta Tuban Jadi Tuan Rumah yang Santun

0
Bupati Tuban H. Fathul Huda, diwawancarai media usai launching Maskot Si Lawe di Alun-alun Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sudah sangat siap sebagai tuan rumah bersama dalam Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur Tahun 2019.

Salah satunya bukti, Bupati Tuban H. Fathul Huda telah meluncurkan maskot Porprov Jatim untuk Kabupaten Tuban, dengan nama “Si Lawe”,  bertempat di Alun-alun Tuban, Jumat (29/03/2019).

Usai launching, Bupati Tuban menyatakan Kabupaten Tuban harus menjadi tuan rumah terbaik dalam penyelenggaraan Porprov kali ini. Sehingga masyarakat diminta untuk ikut mensukseskan kegiatan Porprov.

“Tuban harus menjadi tuan rumah yang baik, ramah, santun, dan mampu menyediakan fasilitas dan akomodasi selama penyelenggaraan event akbar ini,” pesan Bupati Tuban.

Terpilihnya Kabupaten Tuban sebagai salah satu lokasi Porprov harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin oleh semua pihak. Event ini juga menjadi wahana untuk mempromosikan berbagai potensi yanga ada  di Bumi Wali Tuban.

“Potensi seperti pertanian, kelautan, wisata, dan kuliner,” ungkap H. Fathul Huda.

Bupati Huda juga menegaskan bahwa keberhasilan Porprov di Kabupaten Tuban menjadi tanggung jawab semua pihak. Keterlibatan stakeholder dan dunia usaha ikut berperan terhadap suksesnya kejuaraan olahraga tingkat Jatim ini.

“Saya berharap seluruh masyarakat, insan olahraga, dunia usaha, BUMD/BUMN dan dunia usaha ikut berpartisipasi menyukseskan Porprov,” tegas orang nomor satu di Tuban itu.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Sulistiyadi, menjelaskan Porprov Jatim akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 13 Juli 2019. Dengan tuan rumah bersama, di Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Lamongan dan Gresik.

“Sebanyak 12 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan di Tuban,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan Porprov VI Jatim meliputi Launching Maskot, Kirab Api Porprov dilaksanakan tanggal 2 Juli. Pelaksanaan lomba mulai tanggal 6 sampai 13 Juli, dan Closing Ceremony Porprov dilaksanakan 13 Juli.

“Penutupan bertempat Stadion Bumi Wali Tuban Sport Center,” ungkapnya.

Sementara itu, Mirza Ali Mansur Ketua KONI Tuban, mengatakan seluruh atlet atau kontingen Tuban telah siap menghadapi Porprov. Termasuk, Tuban telah siap menjadi tuan rumah yang baik dan santun selama pelaksanaan Porprov Jatim ini.

“Kita berharap, kontingen Tuban masuk peringkat 10 besar. Serta di masing-masing cabor minimal mendapatkan 3 poin, karena kita mentargetkan mendapat 150 poin agar bisa masuk 10 besar,” harap Ketua KONI Tuban.

Lebih lanjut, Mirza mengatakan, maskot Si Lawe yang telah diluncurkan ini diharapkan bisa menjadi semangat para atlet Tuban. Seperti semangatnya tokoh Tuban yakni Adipati Ronggolawe.

“Kita berharap semangatnya Ronggolawe ini bisa menjadi motivasi para atlet Tuban untuk meraih prestasi,” pungkasnya. (rohman)

Leave a Reply