Promosikan K3, JOB Pertamina Petrochina East Java Gelar Sport dan Fun Bike

0
Peserta kegiatan Tour de JOB P-PEJ Safety Riding.

halopantura.com Tuban – Ratusan karyawan dan juga kontraktor dari operator migas (minyak dan gas bumi) Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) mengikuti kegiatan Tour de JOB P-PEJ Safety Riding, Minggu (24/12/2017).

Kegiatan safety riding tersebut sedikitnya diikuti  200 peserta dari karyawan dan kontraktor. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan dan mempromosikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan JOB P-PEJ.

Dalam acara tersebut peserta dibagi menjadi dua kategori, yakni sport bike dengan menggunakan sepeda MTB serta menggunakan APD lengkap dan fun bike dengan menggunakan sepeda bebas berpakaian unik.

Ratusan peserta sport bike dan fun bike tersebut start dari Cafetaria Lapangan Mudi Pad B JOB PPEJ Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dan finish kembali di tempat yang sama. Adapun untuk rute dalam kegiatan bersepeda itu di jalan lingkar Pertamina yang melawati 6 desa di Kecamatan Soko dan Kecamatan Rengel, Tuban.

“Acara ini merupakan rentetan dari safety campaign 2017 yang sudah berlangsung, seperti sosialisasi kepada masyarakat terkait kebakaran dan lainnya. Untuk rute yang ditempuh dalam bersepeda ini sekitar 21 kilometer,” kata Ari Bowo HSE Superintendent JOB PPEJ.

Dijelaskan bahwa kegiatan bersepeda itu bertujuan untuk meningkatkan dan mempromosikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan JOB P-PEJ terkait dengan keselamatan berkendara. Selain itu, untuk membangun budaya berperilaku aman di lingkungan kerja JOB P-PEJ.

“Safety riding ini bertujuan meningkatkan kesadaran karyawan dan kontraktor LK3 dalam berkendara untuk menunjang peningkatan produktivitas kerja. Yang paling penting di sini kita menekankan keselamatan berkendara,” tegasnya.

Dengan adanya kegiatan itu, diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan mengenai resiko bahaya berkendara di jalan. Selain itu juga dengan bersepeda diharapkan mampu untuk meningkatkan kesadaran dalam berolahraga untuk membuat para karyawan tetap menjaga kesehatannya.

“Ke depannya kami berharap ada program seperti bike to work. Intinya untuk mengurangi polusi, kemudian lebih sehat dan lainnya,” tambah Ari Bowo

Sementara itu, selain dijelaskan tentang keselamatan berkendara, dalam kegiatan safety riding itu, tim dari Health Safety Environment (HSE) JOB PPEJ juga memberikan sosialisasi terkait bahaya HIV/ AIDS. Mereka membagikan selebaran terkait bahaya HIV/AIDS kepada para peserta sport bike dan juga fun bike setelah mereka sampai memasuki garis finish.(*/roh)

Tinggalkan Balasan