Puluhan Grup Marching Band Unjuk Kebolehan di Marching Band Competition 2017

0
Salah satu peserta begitu antusias menunjukan kehebatannya.(Arief Wibowo)

halopantura.com Tuban – Puluhan kelompok marching band dari Kabupaten Tuban dan luar daerah beradu kreativitas untuk menjadi terbaik dalam Lomba Tuban Open Marching Band Competition 2017, dilaksanakan di gedung tenis indoor Tuban, Minggu (22/12/2017).

Suasana di gedung tersebut begitu meriah dengan teriakan penonton memadu dengan suara terompet dan alat musik perkusi. Selain itu, para marching band menampilkan kehebatannya dengan penuh semangat di hadapan dewan juru dan para penonton.

Hal itu terlihat di salah satu korp Marching Band dari MTs Negeri Tuban yang menampilkan atraksi baris-berbaris yang diiringi musik drumband yang rancak dan penuh semangat. Suasana itu membuat para penonton kembali bersorak.

Tak mau kalah, Pondoktren Al-Amin dari Kecamatan Paciran Lamongan juga menampilkan alunan musik drumband dipadu atraksi Barongsai di hadapan dewan juri. Tak hanya itu, kostum dari para kelompok marching band juga membuat suasana perlombaan semakin menarik.

Ketua Panitia lomba, Karso mengungkapkan lomba Marching Band ini telah digelar kedua kalinya. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas kelompok Musik Marching Band khususnya Kabupaten Tuban. Dengan harapan kelompok Marching Band di Tuban bisa bersaing dengan daerah lain.

“Lomba ini digelar untuk menjalin silaturahmi antar patih marching band dari berbagai daerah sekitar Kabupaten Tuban dan untuk meningkatkan kualitas Marching Band, khususnya Kabupaten Tuban,” tambah Karso.

Grup-grup marching band ini unjuk  kebolehan dalam merebutkan tiga kategori terbaik. Diantaranya Display atau unjuk kebolehan drum battle dan color guard contest, mereka harus menarik perhatian juri yang menilai dari berbagai aspek baik musikalitas, perkusi, general efek maupun color guard.

“Lomba ini diikuti oleh puluhan kelompok marching band dari  berbagai tingkatan,” terang Karso.

Lebih lanjut, untuk klasemen TK diikuti sebanyak 17 kelompok, klasmen SD/ Non Brass 12 kelompok, SD/Brass sebanyak 6 kelompok dan untuk tingkat SMP/SMA dan umum diikuti 6 kelompok marching Band. Sedangkan peserta berasal dari Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Lamongan dan kabupaten Rembang.

“Kami berharap dengan lomba ini kualitas marching band di Tuban akan semakin bagus, dan bisa bersaing dengan daerah-daerah lain,” harap Karso.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H. Miyadi yang ikut menyaksikan perlombaan tersebut mengapresiasi lomba yang diadakan oleh perkumpulan pelatih marching band yang mendatangkan grup-grup marching band dari luar daerah ini. Menurutnya event ini harus dijadikan ajang untuk bertukar ide dan pengalaman yang ada.

“Karena kita kedatangan kelompok marching band dari luar daerah yang kualitasnya sangat baik ini bisa menjadi pemicu bagi kelompok marching band yang ada di Tuban menjadi lebih baik lagi,’ kayanya.

Dia menjelaskan, kelompok marching band di Tuban masih perlu ada pembinaan secara kontinyu dan berkesinambungan. Harapannya Marching Band bida direspon oleh masyarakat sebagai tontonan yang disukai.

“Banyak atlet drumband kita yang perlu diperhatikan dan dibimbing agar menjadi kelompok marching band yang luar biasa,” terang H. Miyadi. (wib/roh)

Tinggalkan Balasan