Puncak HPN 2019, RPS Datangkan Ketua Dewan Pers

0
Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, ketika memaparkan materi di Pendopo Tuban.

halopantura.com Tuban- Ratusan peserta begitu antusias mengikuti diskusi publik bertemakan menakar netralitas media di tahun politik, digelar oleh Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) Tuban, bertempat di Pendopo Tuban, Selasa, (12/3/2019).

Kegiatan tersebut menjadi puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2019. Sebelumnya, dilaksanakan penanaman 1000 bibit pohon bertempat di Sendang Brubulan Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban, pada Selasa, (5/3/2019).

Diskusi yang mampu menyedot peserta itu dengan menghadirkan narasumber dari Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Gogot Cahyo Baskoro KPU Jatim, dan Arif Amrullah Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim.

Dengan hadirnya Ketua Dewan Pers, para undangan dapat memahami sisi netralitas media. Sebagai pemberi warta, media diharapkan tetap menjaga independensi dan keberpihakannya ke publik.

“Berita pariwara atau pesanan harus dibedakan dengan secara umum,” pesan Ketua Dewan Pers.

Diskusi lebih gayeng karena, Bawaslu Jatim, KPU Jatim, dan KPID juga ikut berbagi pengetahuan seputar kepemiluan. Adapun acara langsung dimoderatori Pimpinan Redaksi beritajatim.com Dwi Eko Lokononto.

Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda, menjelaskan kegiatan diskusi publik dan donor darah ini menjadi penghujung acara tahunan RPS. Sebelumnya, dilakukan penyantunan anak yatim dan penanaman bibit pohon.

“Penanaman pohon untuk penyelamatan sumber mata air, dan santunan yatim bagi RPS merupakan sebuah kewajiban,” ujarnya.

Sementara itu, Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, menilai diskusi ini momentumnya tepat karena menjelang pesta demokrasi tanggal 17 April 2019 mendatang. Dari diskusi ini, semoga audiens yang hadir menerima informasi yang berimbang.

“Unik tema yang diangkat yaitu menakar netralitas media di tahun politik,” sambungnya.

Acara diskusi tersebut dihadiri Forkopimda, TNI, Polri, stakholder perusahaan yang bercokol di Bumi Wali, mahasiswa dan beberapa pihak terkait lainnya. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here