Rentan Tertular, Wartawan Tuban Jalani Vaksinasi Covid-19

0
Salah satu wartawan Tuban ketika menjalani vaksinasi Covid-19.

halopantura.com Tuban – Puluhan wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban, menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Dimana, penyuntikan vaksin Sinovac itu gelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban bertempat di gedung Korpri Pendopo Krido Manunggal, Kabupaten Tuban, Selasa, (2/3/2021).

Program vaksinasi terhadap insan pers itu dilakukan karena profesi jurnalis masuk kategori yang rentan tertular dan berisiko tinggi terkena virus corona. Sebab, awak media hampir setiap hari melakukan kontak langsung dengan banyak orang.

“Teman-teman pers didahulukan karena meraka rentan tertular, karena banyak ketemu orang,” jelas Endah Nurul Komariyati, Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban.

Menurutnya, vaksinasi tahap pertama yang diperuntukkan buat mereka yang bekerja di fasilitas kesehatan telah selesai. Selanjutnya, tahap kedua menyasar meraka yang bekerja di pelayanan publik yakni mereka yang sering bertemu dengan banyak orang. Salah satunya teman-teman pers.

“Teman-taman pers sudah mulai diberikan vaksinasi untuk dosis yang pertama, setiap orang nantinya dapat 2 dosis,” terang Endah yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinkes Tuban.

Ia menjelaskan, kena apa petugas pelayanan publik didahulukan karena meraka banyak kontak langsung dengan banyak orang. Sehingga, memiliki resiko tertular virus corona.

“Pelayanan publik didahulukan karena meraka banyak kontak dengan orang dan memiliki resiko tertular,” tegas Endah.

Ia menerangkan untuk vaksinasi tahap dua ditargetkan selesai akhir bulan Maret. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin tahap ketiga yang diperuntukkan buat keluarga yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan lansia.

“Tahap ke empat, nantinya buat masyarakat umum,” jelas Endah.

Sementara itu, salah satu wartawan yang sudah divaksin, M Abdul Rohman mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19 dengan vaksinasi. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tuban yang telah memfasilitasi vaksinasi buat puluhan jurnalis karena mengingat profesi ini rawan tertular Covid-19.

“Vaksinasi ini sangat penting bagi wartawan. Sebab, hampir setiap hari kita bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang. Jadi sangat beresiko tertular,” pungkasnya. (at/fin/roh)

Tinggalkan Balasan