Resahkan Masyarakat, Pemuda Penyebar Informasi Palsu Diglandang Polisi

0
Pelaku ketika diamankan anggota Polisi.

halopantura.com Bojonegoro – Seorang remaja bernama Muhammad Imam Santoso (22), warga Desa Kendal Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, harus berurusan dengan pihak berwajib. Pasalnya, pria itu nekat memberikan informasi palsu terkait adanya insident kebekaran di wilayah hukum Bojonegoro.

“Telah diamankan seorang pemuda yang diduga sebagai pelaku tindak pidana laporan palsu,” kata Kapolsek Bojonegoro Kota, Kompol HM Usman, Jum’at, (20/10/2017).

Pelaku dikabarkan sedikitnya telah dua kali membuat laporan kebakaran palsu, yang sempat di tindak-lanjuti oleh petugas. Diantaranya laporan kebakaran dengan lokasi di Kampung Ternak Desa Sukowati Kecamatan Kapas dan Desa Ngablak Kecamatan Dander.

Selain itu, pelaku juga telah beberapa kali membuat laporan kebakaran palsu yang langsung di tindak-lanjuti petugas. Namun, laporan itu tidak benar dan meresahkan masyarakat.

“Nomor telepon pelaku ditulis pada papan laporan dengan huruf besar-besar, sehingga setiap kali petugas menerima laporan kebakaran dari nomor tersebut, petugas terlebih dahulu melakukan kros cek pada perangkat desa setempat.” terang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Andik Sujarwo.

Penangkapan terhadap pelaku tersebut bermula pada Rabu (11/10/2017) lalu, pelaku mengirim SMS ke nomor telepon Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Bojonegoro Kota, untuk minta pulsa.

Setelah menerima SMS tersebut, petugas berupaya mengetahui identitas pelaku dengan cara diajak bertemu oleh petugas dan saat itu pelaku mengajak bertemu petugas di depan Kantor Pos di jalan Trunojoyo Bojonegoro.

“Saat itu pelaku tidak datang, sehingga identitas pelaku belum diketahui,” kata Andik.

Selanjutnya pada Rabu (18/10/2017), petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Bojonegoro Kota mencoba menghubungi pelaku. Dengan berpura-pura hendak menjual sepeda motor kepada pelaku dan setelah ada kesepakatan pembicaraan melalui sambungan telepon.

Pelaku diajak bertemu petugas di sebelah kantor Dinas Pemadam kebakaran Bojonegoro Kota. “Saat pelaku tiba, pelaku langsung diamankan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak kepolisian,” terang Andik. (*/roh)

Tinggalkan Balasan