Ribuan Kader Muslimat NU Berebut Tujuh Tumpeng Olahan Ikan

0
Ribuan kader Muslimat NU Tuban berebut tumpeng olahan ikan. (rohman)

halopantura.com Tuban – Ribuan kader Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tuban ikut berebut tujuh tumpeng raksasa setinggi 1,5 meter yang berisi 5 ribu bungkus beberapa jenis olahan ikan. Acara itu dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) RI ke-74 dan menyambut tahun baru 1 Muharram 1441 H, digelar di Alun-alun Tuban, Jumat sore, (23/8/2019).

Setelah dilakukan doa, ribuan warga yang sudah menunggu sejak sore langsung merangsek maju dan berebut isi tumpeng  tersebut. Mereka pun rela saling dorong untuk berebut bungkusan olahan ikan dan alhasil dalam hitungan menit ludes.

“Acara ini kolaborasi dengan Pemkab, dan kita sediakan tujuh tumpeng,” ungkap Ketua PC Muslimat NU Tuban, Musyarofah.

Menurutnya, tumpeng tersebut berisi 5 ribu bungkus berbagai jenis olahan ikan dan nasi. Tujuannya untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung protein hewani agar anak-anak terhindar dari penyakit stunting.

“Penyakit itu bisa dicegah dengan memperhatikan asupan nutrisi dalam makanan yang kita makan,” ungkapnya.

Stunting ini adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

“Acara ini baru pertama kali, dan kita rencanakan akan rutin digelar minimal setahun sekali,” tegasnya.

Tumpeng olahan ikan itu merupakan kerjasama dengan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban. Serta turut hadir dalam acara itu Bupati Tuban H. Fathul Huda, Forkopimda Tuban, dan beberapa undangan terkait lainnya.(rohman)

Leave a Reply