Ribuan Pelamar Berebut 418 Kursi Lowongan Perangkat Desa

0
Antrian masyarakat di ruang PN Tuban, untuk mengurus surat tidak pernah di Pidana. (rohman)

halopantura.com Tuban – Ribuan pelamar berebut 418 lowongan perangkat desa yang akan digelar oleh Pemkab Tuban pada tanggal 5 Desember 2017 mendatang. Jumlah lowongan itu tersebar di 311 desa di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban dengan terdiri dari lowongan Sekertaris Desa (Sekdes), Kaur, Kasi, dan Kepala Dusun (Kasun).

Jumlah itu dengan rincian di Kecamatan Kenduruan ada 16 lowongan, Jatirogo 26, Bangilan 20, Bancar 26, Senori 18, Tambakboyo 24, Singgahan 18, Kerek 21, dan Parengan 27 lowongan. Selanjutnya, di Kecamatan Montong 24, Soko 31, Jenu 17, Merakurak 20, Rengel 25, Semanding 26, Tuban Kota 5, Plumpang 17, Palang 23, Widang 20, dan Grabagan 14.

”Kita telah membuka pendaftaran pengisian perangkat desa ini sejak tanggal 01 November lalu, dimasing-masing desa,” terang, Kepala Dinas Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Masyarakat, dan KB (Dispemas) Kabupaten Tuban, Mahmudi, Selasa, (7/11/2017).

Penutupan pendaftaran perangkat desa tersebut pada 10 November mendatang. Jika kuota belum terpenuhi atau belum ada yang daftar, maka akan dibuka kembali pendaftaran selama 10 hari kedepan.

”Pelaksanaan ujian perangkat desa ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember mendatang, dimasing-masing kecamatan. Dan akan diumumkan hari itu juga,” terang Mahmudi.

Sementara itu, sampai hari Selasa ini di kantor Pengadilan Negeri Tuban masih diserbu masyarakat yang mengajukan surat permohonan tidak pernah di pidana. Masyarakat yang datang juga rela antri untuk mengurus surat tersebut sebagai salah satu persyaratan mendaftar calon perangkat desa.

“Sampai hari ini hampir empat ribu masyarakat yang mengajukan permohonan, dan akan terus bertambah,” kata Humas PN Tuban, Donovan Akbar Khusuma.

Selain di kantor PN, masyarakat juga berbondong-bondong datang di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tuban. Mereka datang untuk mengurus beberapa berkas sebagai syarat untuk mendaftar calon perangkat desa.

“Disini (kantor PN Tuban, red) dan kantor dinas antri, mereka mengurus persyaratan untuk mendaftar sebagai perangkat desa,” kata Yuni salah satu pelamar yang ditemui di Kantor PN Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here