Rutin Tiap Tahun, Semen Indonesia Kembali Gelar Bimbingan Manasik Haji 2019

0
Bimbingan Mansik Haji sesi pertama di Graha Sandiya, Perumdin Semen Gresik Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – PT Semen Indonesia kembali menggelar bimbingan manasik haji yang diikuti lebih dari 600 orang yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Tuban. Opening ceremony kegiatan tersebut dilaksanakan di Graha Sandiya, Perumdin Semen Gresik Tuban, Senin malam, (25/3/2019).

Bimbingan manasik haji itu dihadiri  Senior Vice President (SPV) of Production, Joko Sulistiyanto, selaku manajemen dari Semen Indonesia. Serta turut hadir KH Ubaidillah Faqih dari Pondok Pesantren Langitan, dan Sahid Kepala Kemenag Kabupaten Tuban.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini,” kata Sahid dalam kegiatan bimbingan manasik haji.

Pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji yang di gelar Semen Indonesia terbagi menjadi 5 sesi. Dengan rincian, 4 sesi penyampaian materi, dan sisanya praktek.

Sesi pertama yakni ceramah mengenai Hikmah Haji yang disampaikan KH Ubaidillah Faqih. Setelah itu, materi ke dua tentang Serba Serbi Haji, yang akan disampaikan KH. Abdul Matin Djawahir dari Ponpes Bejagung, Semanding, pada tanggal 29 Maret 2019 mendatang.

Usai itu, dilanjut bulan April para calon jamaah haji (CHJ) Tuban akan diberikan materi tentang Thoharoh, sholat jama’a dan qoshor, disampaikan KH. Jalaludin dari Kecamatan Bulu pada 3 April 2019. Kemudian, praktek haji tammatu buat CHJ akan dilaksanakan tanggal 14 April 2019 mendatang.

Dalam sambutannya, SPV of Production Joko Sulistiyanto, menyampaikan kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin dilaksanakan setiap tahun. Perusahaan sampai saat ini sudah mengelar acara serupa sebanyak 15 kali terhitung sejak 2004 yang lalu.

“Manasik haji ini merupakan bagian dari CSR perusahaan di bidang Semen Indonesia Peduli,” ungkap Joko Sulistiyanto.

Menurutnya, setiap tahun jumlah peserta kegiatan bimbingan manasik haji sedikitnya mencapai 75 persen dari total seluruh CHJ dari Tuban.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat tercipta hubungan yang  harmonis antara perusahaan dengan instansi terkait, dan masyarakat umum di wilayah Tuban.

“Acara ini juga sebagai upaya untuk mendorong semangat employee valunteerism atau kesadaran personel karyawan untuk terlibat dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan melalui tim manasik haji,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji buat para CHJ Tuban. Semoga kegiatan bimbingan manasik haji ini dapat bermanfaat dan menjadi bekal pengetahuan buat para CHJ Tuban.

“Semoga dengan bimbingan manasik haji ini juga dapat memberikan kelancaran dan kemudahan dalam menunaikan ibadah haji di tanah suci,” tambahnya.

Selain bimbingan manasik haji, Perusahaan plat merah itu juga menyediakan transportasi antar jemput buat CHJ Tuban secara gratis. Serta memberikan suvenir buku panduan, konsumsi, dan lainnya. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here