Sambut Mudik 2017, Polsek Rengel Cek Kondisi Kendaran

0
Anggota ketika melakukan pemeriksaan. (rohman)

halopantura.com Tuban – Menjelang musim arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri di tahun 2017 ini, anggota Polsek Rengel, Polres Tuban menggelar razia terhadap kendaraan penumpang umum dan angkutan lebaran. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menciptakan suasana lebaran yang aman dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, Rabu, (14/6/2017).

Selain itu, anggota juga memberikan pembekalan para sopir agar patuh terhadap peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Pelaksanaan kegiatan itu dilakukan di depan Mapolsek Rengel dengan memeriksa surat-surat, kelengkapan kendaraan dan beberapa lainnya.

Tak hanya itu saja, pemeriksaan kondisi kendaraan seperti rem, lampu, dan klakson juga dilakukan dalam kegiatan itu. “Hasilnya, secara umum kendaraan  telah memenuhi kelaikan jalan namun ada beberapa kendaraan yang perlu perbaikan,” terang AKP Musa Bakhtiar, Kapolsek Rengel.

Kegiatan itu juga bekerjasama dengan petugas medis dari Puskesmas Rengel untuk memeriksa kondisi kesehatan para sopir. Serta petugas medis juga memberikan keterangan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan dan pola makan yang baik.

“Kami juga memberikan obat serta vitamin secara cuma-Cuma kepada para sopir,” jelas AKP Musa ditengah kegiatan tersebut.

Menurutnya, rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan untuk antisipasi keamanan serta mengetahui kondisi angkutan umum beserta pengemudinya jelang arus mudik tahun ini. Karena kebiasaan angkutan yang melayani masyarakat desa ini menjelang lebaran bekerja nonstop kejar setoran, sehingga perlu dicek kesehatan pengemudi dan kelayakan kendaraannya.

“Ini adalah langkah antisipasi dari kami untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas karena human error jelang arus mudik,” terangnya.

Sementara itu, Suprapto salah satu sopir dari Kecamatan Palang, Tuban menyambut positif adanya kegiatan tersebut, apalagi saat dilakukan pemeriksaan kesehatan diketahui tekanan darahnya sangat rendah.

“Saya selaku sopir sangat senang dengan adanya kegiatan ini, tadi di tensi hanya 90, sekarang sudah diberi obat serta vitamin dan perlu menjaga istirahat,” ungkapnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan