Sambut Pilkada 2020, NU Tuban Bentuk Tim 9 Untuk Cari Figur Calon Bupati

3
Didik Purwanto, ketika diwawancarai awak media. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), telah membentuk tim 9. Mereka nantinya akan merumuskan kader terbaiknya yang akan diusung sebagai calon bupati Tuban pada Pilkada serentak tahun 2020 mendatang.

“NU bersama PKB telah membentuk tim sembilan,” kata Wakil Ketua PCNU Tuban, Didik Purwanto, Senin, (22/7/2019).

Menurutnya, tim 9 tersebut terdiri dari dua orang pengurus Syuriah (Dewan Penasehat, red) NU, Tanfidziyah NU dua orang,  Dewan Syuro PKB dua orang, Dewan Tanfidz PKB dua orang, dan ditambah H. Fathul Huda sebagai Mustasyar PCNU Tuban.

“Keputusan tim 9 nantinya harus dihormati dan dilaksanakan, termasuk mengikat untuk semua,” ungkap Didik Purwanto.

Namun begitu, ia belum mau menyebut siapa nama yang akan diusung dalam Pilkada Tuban tahun 2020. Alasannya, karena tim 9 masih melakukan penjaringan untuk menentukan figur yang tepat sebagai pemimpin Tuban selanjutnya.

“Tim 9 nanti yang menggodok, siapa calonnya belum tahu karena masih melihat perkembangan perpolitikan saat ini. Tidak bisa memutus satu atau dua untuk saat ini,” terang Didik panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, Didik menegaskan, pengurus NU telah menyiapkan kader-kader berkualitas untuk maju di Pilkada Tuban. Tetapi keputusan siapa sosok yang tepat untuk maju diserahkan sepenuhnya kepada tim 9.

“Kita berharap kader NU kembali memimpin Tuban lagi,” tegas Didik Purwanto yang pernah menjadi Komandan Banser Kabupaten Tuban.

Sebatas diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengalokasikan anggaran lebih dari Rp 74 miliar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban yang akan digelar serentak pada 2020.

Baca : https://www.halopantura.com/pemkab-tuban-usulkan-anggaran-pilkada-2020-capai-rp-74-miliar/

Usulan anggaran itu tertuang dalam rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Pemkab Tuban tahun 2020. Saat ini masih dalam proses pembahasan DPRD Tuban yang selanjutnya nantinya akan disahkan menjadi APBD 2020. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban Budi Wiyana, di gedung DPRD Tuban, Selasa, (16/7/2019).

Berdasarkan data dari rancangan PPAS tahun 2020, Pemkab Tuban mengusulkan anggaran sebesar Rp 74.061.774.000 untuk pelaksanaan Pilkada serentak. Dengan rincian untuk KPU sebesar Rp 54.012.000.000, dan Bawaslu Rp 16.649.774.000.

Kemudian anggaran untuk pengamanan dari Polres Tuban dialokasikan sebesar Rp 3 Miliar, Kodim Rp 370 juta, Subdenpom Rp 10 juta, dan Kompi Rp 20 Juta. (rohman)

3 KOMENTAR

  1. Apakah PKB itu politiknya orang NU? jangan mengangkang di atas kultur Nahdliyin, Ingat muktamar di Situbiondo. bagaimana NU seharusnya kembali ke khittah. faham?

  2. Ojo ngudo roso.
    Diatas langit masih ada langit.
    NU zaman now Bukan Nahdlaul Ulama.
    Tapi NU = Noto Urip ( dewe2 )
    Rebutan proyek…
    Rebutan jabatan…
    Rebutan pangkat…
    Yg bukan kroninya jgn banyak berharap.

Leave a Reply