Sambut Porprov 2019, TSC Tuban Kembali Mendapat Suntikan Dana Rp 14 Miliar

0
Kondisi Stadion Tuban Sport Center (TSC), di Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban kembali mengucurkan dana hingga sekitar Rp 14 miliar untuk pembangunan lanjutan komplek olahraga Tuban Sport Center (TSC), berada di lahan sekitar 11,2 hektar di Dusun Pidengan, Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban.

“Sekarang sudah kontrak, dan telah dikerjakan,” ungkap Budi Wiyana Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Selasa, (19/2/2019).

Suntikan dana tersebut bersumber dari APBD Tuban tahun anggaran 2019, untuk penyempurnaan pembangunan TSC. Sebab nantinya komplek olahraga itu akan digunakan pelaksanaan dan penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VI Jawa Timur Tahun 2019.

Kabupaten Tuban terpilih sebagai tuan rumah bersama dalam kegiatan Porprov Jatim, dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 13 Juli 2019.

Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam Porprov itu sebanyak 40 cabor dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

“Pembangunan lanjutan TSC untuk mengejar pelaksanaan Proprov Jatim, karena Tuban sebagai salah satu tuan rumah,” tambah Sekda Tuban.

Sementara itu, Zainal Maftuhien Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, mengatakan untuk tahun ini pembangunan lanjutan TSC mendapatkan tambahan dana sekitar Rp 14 miliar.

“Dana itu dari APBD Tuban 2019 untuk tiga kegiatan yang berbeda,” ungkap Zainal Maftuhien.

Menurutnya, tiga kegiatan itu untuk penyempurnaan pembangunan TSC, meliputi pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) sekitar Rp 852 juta dengan durasi 60 hari setelah kontrak. Selanjutnya, pembangunan drainase dan pagar sekitar Rp 2,8 miliar dengan durasi 90 hari kalender.

“Pembangunan jalan lingkungan stadion, area parkir, dan penyempurnaan bangunan sekitar Rp 9,7 miliar dengan durasi 120 hari,” ungkap Zainal Maftuhien yang juga Sekretaris Koni Tuban.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan pembangunan lanjutan TSC ini dipersiapakan untuk menghadapi kegiatan Porprov Jatim. Harapanya, diakhir bulan Mei atau awal Juni tiga kegiatan (pembangunan TSC,red) ini sudah selesai sehingga pada saat pelaksanan Proprov bisa digunakan.

“Dengan harapan ketika pelaksanan Porprov stadion ini bisa dipakai, dan digunakan untuk penutupan Porprov,” jelasnya.

Sebatas diketahui, pada tahun 2018 kemarin Pemkab Tuban mengucurkan dana sekitar Rp 58 miliar untuk proyek TSC tersebut. Namun ditengah pengerjaan proyek itu bermasalah, sebab penyelesaian pembangunan proyek TSC itu molor dari jadwal yang telah ditentukan selesai pada 20 Desember 2018.

Akibatnya, pelaksana proyek PT Widya Satria asal Surabaya terkena denda selama tujuh hari, setiap hari membayar denda Rp 58 juta.

Baca : https://www.halopantura.com/pembangunan-tsc-tuban-molor-bupati-kita-tidak-dirugikan/

Dana sekitar Rp 58 miliar dari APBD Tuban itu digunakan untuk membangun stadion sepak bola beserta tribun utama, lintasan atletik, dan beberapa fasilitas olahraga lainnya.

Baca: https://www.halopantura.com/stadion-tsc-tuban-gunakan-rumput-asal-amerika/

Selain itu rumput stadion sepakbola juga telah dipasang dengan menggunakan jenis rumput baru dan sesuai dengan standar badan sepak bola dunia, FIFA, yakni zoysia matrella. Rumput tersebut berasal dari Amerika Serikat, tetapi telah dibudidayakan di wilayah Kabupaten Malang. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here