Sebulan Penuh Mahasiswa Unirow Mengabdi Kepada Masyarakat

0
Bupati Tuban, H. Fathul Huda (kiri) bersama Rektor Unirow Tuban melakukan tanda tangan kerja sama.

halopantura.com Tuban – Selama satu bulan penuh sebanyak 1.065 mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN). Meraka disebar di 49 desa yang berada di 19 Kecamatan dari 20 Kecamatan yang ada Kabupaten Tuban.

Peserta KKN tersebut diberangkatan langsung oleh Bupati Tubah, H. Fathul Huda, di Pendopo Kridho Manunggal, Selasa pagi, (25/7/2017). Turut hadir dalam kegiatan itu, Forpimda Tuban, Sekda Tuban Budi Wiyana, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan beberapa pihak terkait lainnya.

Program rutin setiap satu tahun itu mengangkat tema Pemberdayaaan masyarakat untuk mendorong pengentasan kemisinan dan peningkatan daya saing perekonomian daerah. Serta kegiatan itu disambut baik oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini, dan Pemkab Tuban sangat terbantu dengan adanya pengabdian mahasiswa seperti ini,” kata Bupati Tuban dalam sambutannya.

Sebelum memberangkatan peserta, Bupati Tuban berpesan agar para mahasiswa dengan tulus melakukan pengabdian kepada masyarakat dan bisa menjaga nama baik. Selain itu, mahasiswa juga harus berani, santun, dan memiliki wawasan luas untuk menularkan ilmunya kepada masyarakat.

“Kita juga telah bekerjasama dengan kampus dalam rangka membantu program – program pemerintah. Sehingga apa yang menjadi misi dan visi Tuban bisa terwujud dengan baik,” tambah Bupati Tuban.

Sementara itu, Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes, Rektor Unirow Tuban, mengaku akan mendukung penuh apa yang menjadi program dari Pemkab Tuban. Karena hal itu sama dengan melaksanakan program Tri Dhrama Perguruan Tinggi dangan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Pengabdian ini dilakukan satu bulan penuh, mereka (peserta KKN, red) akan mengabdi ditengah-tengah masyarakat dengan berbekal ilmu yang telah didapat dari kampus,” beber Rektor Unirow Tuban.

Dalam pemberdayaan masyarakat, Rektor Unirow Tuban mengaku akan maksimalkan potensi-potensi yang dimiliki masyarakat dan daerahnya. Seperti melakukan pemberdaayaan dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi dan keterampilan buat masyarakat.

“Selain itu, kita juga akan membantu Pemkab Tuban dalam rangka mengentas kemiskinan dan menekan angka buta aksara di wilayah Tuban ini,” terang Rektor Unirow Tuban. (rohman)

Para peserta KKN Unirow Tuban di Pendopo Tuban.

Tinggalkan Balasan