Sejak Tahun 2014, Rapor Kinerja Pemkab Tuban Masih “Merah”

0
Pelatikan Pejabat baru Pemkab Tuban pada akhir tahun 2016. (rohman)

halopantura.com Tuban – Kinerja Pemkab Tuban dibawah kepemimpinan Bupati Tuban, H. Fathul Huda, selama tiga tahun berturut – turut mendapat penilaian rapor kurang baik atau dalam kategori C. Hal itu sesuai dengan hasil evalausi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) yang dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), sejak 2014 sampai tahun 2016 kemarin.

“Kinerja Pemkab Tuban selama tiga tahun mendapat penilaian C dari Menpan-RB. Ini harus ada perhatian khusus dari Bupati Tuban,” terang Agung Supriyanto, Ketua Komisi A DPRD Tuban, Rabu, (31/5/2017).

Faktor yang mendominasi penilaian mendapatkan kategori C di karenakan kinerja Dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tuban kurang maksimal. Hal itu disebabkan bahwa rata- rata dinas belum bisa menjalankan atau menerjemahakan misi dan visi dari Bupati Tuban.

“Penilaian itu tidak lepas dari kinerja OPD dalam mejalankan program – program Bupati. Makanya selama tiga tahun selalu mendapat penilaian C,” terang Agung panggilan akrabnya.

Agung berharap Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban untuk lebih serius lagai dalam memberikan komitmen untuk terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dalam kedepenanya. Dengan maksud agar masyarakat bisa merasakan betul dari hasil kinerja Pemkab Tuban.

“Kita terus mendorong OPD untuk memaksimalkan kinerjanya. Lebih sedihnya lagi, ada satu dinas itu (OPD) yang mendapatkan penilaian sangat buruk atau masuk kategori D,” keluh politisi senior asal Partai Amanat Nasional (PAN) Tuban.

Lebih lanjut, Agung menegaskan bahwa hasil penilaian itu harus segera diperbaik terkait kinerjanya, agar tahun depan tidak menadpatakan penilain yang sama. Serta dinas lebih fokus menetapkan program dan kegiatan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Jika itu dilakukan dengan baik, saya percaya bahwa tahun depan Pemkab Tuban akan masuk penilaian B,” terang pria yang berdomisili di Kecamatan Semanding.

Sementara itu, pihak Inspektorat Tuban, tidak menampik bahwa masih ada satu OPD pada tahun yang lalu masuk dalam kategori penilaian D.

“Memang ada satu OPD yang masuk kategori D. Serta penilaian itu tidak buruk sekali, sebab penilaian itu masuk C yang baik dan tinggal nol koma sudah masuk kategori B,” terang Agus Hadi Priyono, Kepala Inspektorat Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here