Semangat TNI Kawal Target Capaian Vaksinasi Covid-19 Menuju Tuban Level 1

0
Anggota TNI ketika mengawal vaksinasi Covid-19 secara door to door kepada salah satu lansia di Kabupaten Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Anggota TNI Kodim 0811 Tuban bersama jajarannya tidak pernah lelah dalam mengawal percepatan vaksinasi Covid-19, Senin, (22/11/2021). Bahkan, anggota juga tidak segan-segan untuk keliling dari rumah ke rumah warga untuk memberikan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat yang kesulitan datang ke sentra vaksin. Khususnya bagi orang tua lanjut usia (lansia) dengan keterbatasan fisik.

Hal itu dilakukan para tentara untuk mengejar target percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah hukum Tuban. Termasuk, sebagai upaya untuk membentuk kekebalan kelompok ((herd immunity) sehingga dapat segera membebaskan Indonesia dari virus corona.

Semangat untuk mengawal vaksinasi tersebut salah satunya ditunjukkan oleh Babinsa Koramil 17 Senori Kodim 0811 Tuban, Sertu Nur Rohman. Dimana, ia mengaku vaksin door to door ini memang harus dilakukan untuk beberapa masyarakat yang ada kendala untuk datang ke sentra vaksin.

“Kita terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk ikut vaksin Covid-19 baik dosis satu maupun dua,” ungkapnya.

Selain itu, para Babinsa juga menghimbau kepada masyarakat binaan untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan di masa pendemi. Karena virus masih ada dan tetap waspada dengan mematuhi prokes yakni salah satunya memakai masker, mencuci tangan, tidak berkerumun, dan lainnya.

“Disiplin prokes sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Oleh sebab itu pemerintah juga sudah memberikan vaksin gratis kepada masyarakat dengan cara serbuan Vaksinasi Covid 19 disejumlah titik. “Mari bagi yang belum vaksin jangan takut. Mari kita Vaksin,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf  Viliala Romadhon. Ia menjelaskan vaksinasi tidak memberikan efek samping dan tidak sakit sehingga mari ikut mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

“Mari kita semua suksesnya program serbuan Vaksinasi Covid 19, dan bagi masyarakat yang sudah di vaksin untuk tetap disiplin prokes,” ungkap Dandim 0811 Tuban.

Ia menjelaskan upaya percepatan vaksinasi terus digencarkan oleh pihak Kodim 0811 Tuban bekerja sama dengan Polres Tuban dan Pemerintah Kabupaten Tuban, Tak tanggung-tanggung dalam upaya percepatan itu, pihak Kodim 0811 juga melibatkan Prajurit BKO 50 Personel dari Yon Zipur 5 / ABW, dengan bergotong royong menjemput bola dari rumah ke rumah di wilayah teritorialnya.

“Kita terus berupaya untuk kembali melaksanakan serbuan vaksin untuk percepatan capaian vaksinasi di seluruh 328 Desa dan Kelurahan di Wilayah Teritorial Kodim 0811 Tuban,” jelasnya.

Dandim 0811 mengatakan perlu diketahui saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Tuban masih berada di level 3 pemberlakuan PPKM.  Data capaian per Jum’at, 19 November 2021 diangka 54% untuk masyarakat umum dan 33% untuk lansia.

“Kita bersama Forkopimda dan seluruh pihak telah sepakat untuk mencapai target level 1 PPKM, makanya harus ada akselerasi percepatan capaian vaksinasi,” imbuhnya.

Dandim berharap  kolaborasi antara TNI, Polri, Pemkab Tuban dan pihak terkait lainnya mampu untuk memberikan lompatan penambahan angka vaksinasi. Sehingga, semua masyarakat yang ada di Tuban segera mendapatkan dosis vaksin.

Sementara itu, kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban terus melandai dari hari ke hari. Hal itu terbukti dengan tingkat pasien sembuh akibat  Covid-19 terus meningkat dan penambahan kasus baru minim.

“Kasus confirm baru satu orang. Hal itu berdasarkan data hari ini, (22/11/2021) pukul 12.00 Wib,” ungkap Bambang Priyo Utomo Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban.

Dari penambahan itu, Bambang panggilan akrabnya menerangkan jumlah angka kumulatif kasus Covid-19 di Tuban mencapai 7550 orang. Total tersebut dengan rincian sembuh 6617 orang, meninggal 930 orang, dan masih di rawat atau pantau 3 orang.

“3 orang di rawat yakni di RSUD dr Koesma Tuban satu orang, dan rumah sakit luar Tuban ada 2 pasien,” terangnya.

Lebih lanjut, ia pun berpesan kepada masyarakat agar tidak terlena dengan angka kasus Covid-19 yang terus melandai. Diantaranya, masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kita minta masyarakat dan semuanya untuk tetap disiplin prokes dimanapun berada,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan