Semen Indonesia Cairkan Dana CSR Desa Tegalrejo

0
Secara simbolis prosesi pencairan dana CSR Desa Tegalrejo.

halopantura.com Tuban – Tahapan Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG) sebagai program unggulan Bina Lingkungan Semen Indonesia – Pabrik Tuban, telah sampai pada tahapan pencairan dana.

Prosesi pencairan dana kepada FMK dan OMS di Balai Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak dihadiri oleh Perwakilan Semen Indonesia, Tim Konsultan P2M-SG, Pemerintah Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, ketua Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) sebagai penerima manfaat, dan Tokoh-tokoh Masyarakat dari pelbagai unsur.

Koordinator FMK Ridho Ilahi Desa Tegalrejo, Suratdy HS mengungkapkan, bahwa kehadiran P2M-SG memberi angin segar bagi kami masyarakat Tegalrejo, melahirkan semangat dan mendorong munculnya partisipasi nyata bagi masyarakat untuk menggali potensi dan memenuhi kebutuhan dalam proses pembangunan yang bersumber dari dana CSR PT Semen Indonesia.

“Mulai dari tahapan sosialisasi awal P2M-SG sampai dengan pencairan dana, seluruhnya terlaksana secara transparan dengan melibatkan pelbagai unsur masyarakat dan setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat, akhirnya terdapat tujuh kegiatan dalam pemanfaatan dana,” ungkap Suratdy, Jumat, (23/11/2018).

Rincian tujuh program kegiatan tersebut meliputi; pertama, untuk pemberdayaan FMK Ridho Ilahi mendapatkan alokasi dana Rp. 25.000.000,- kedua, RA Hidayatus Sholihin di Dusun Karangrejo dengan kegiatan rehab gedung sekolah dengan alokasi dana Rp.70.000.000,-.

Kemudian Ketiga Yayasan Nurul Huda Dusun Becok kegiatannya pembangunan kelanjutan gedung baru TK mendapat kucuran dana Rp.70.000.000,-. Keempat, KB Tunas Harapan Nurul Huda mendapatkan Rp.20.000.000,- untuk program Pengadaan alat penunjang pembelajaran, dan Kelima, Panitia Pembangunan Masjid Al-Amin Dusun Karangrejo mendapatkan ploting Rp.30.000.000,-.

Keenam, Takmir Masjid Baitul Hasan Dusun Taraan mendapatkan sintukan dana Rp.15.000.000,-. Dan Ketujuh, Koperasi Wanita dengan programnya bantuan permodalan untuk anggota dengan realisasi dana Rp.20.000.000.

“Kami sampaikan terimaksih setulusnya kepada PT. Semen Indonesia atas bantuannya dan semoga membawa berkah bagi masyarakat Tegalrejo”, harap Suratdy HS.

Sementara itu, perwakilan dari Semen, Hari Siswoyo, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa seluruh proses yang berlangsung melalui tahapan P2M-SG berbasis pemberdayaan masyarakat dengan mengedepankan prakarsa dan aspirasi masyarakat setempat, sehingga diperoleh kegiatan yang benar-benar menjadi daftar kebutuhan masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan dimanfaatkan pula oleh masyarakat.

“Sebagai representasi manajemen PT. Semen Indoensia, saya menghimbau agar seluruh anggota FMK dan para pengurus OMS yang mendapatkan amanah untuk mengelola dana CSR PT. Semen Indonesia agar bersungguh-sungguh, sabar dan ulet sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengurangan jumlah warga miskin pada wilayah pengembangan perusahaan,” tegasnya.

Menurutnya, pada akhir kegiatan, tentu akan dilaksanakan evaluasi secara komprehensif terhadap pengelolaan keuangan, pelaksanaan kegiatan dan nilai kemanfaatan program bagi masyarakat setempat. Apabila hasilnya memuaskan, maka P2M-SG dengan seluruh rangkaian tahapannya dapat dilanjutkan dengan dukungan sumberdaya yang lebih optimal.

“Kami mengharap dukungan dan kerja sama seluruh warga Tegalrejo, agar kalau membangun rumah dan infrstruktur fisik lainnya tetap setia pada Semen Gresik dan mohon doanya agar PT. Semen Indonesia (persero) Tbk. tetap kokoh dan tertandingi,” pungkasnya. (mus/roh).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here