Semester Kedua Penyerapan APBD Tuban Baru Mencapai 40 Persen

0
Sekda Tuban, Budi Wiyana, ketika di wawancarai awak media. (rohman)

halopantura.com Tuban – Memasuki semester kedua tahun anggaran 2017, penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Tuban belum memenuhi target. Pasalnya, penyerapan anggaran baru mencapai sekitar 40 persen dari total anggaran sekitar Rp 2,18 triliun.

Namun begitu, Pemkab Tuban mengaku tetap optimis saat memasuki bulan Agustus mendatang, penyerapan anggaran akan melebihi 50 persen. Hal itu diungkapkan Budi Wiyana, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, usai menjadi narasumber di acara sosialisasi Sensus Ekonomi lanjutan, Kamis, (13/7/2017)

“Terhitung perawal bulan Juli, penyerapan anggaran masih sekitar 40 persen, seharusnya sudah mencapai 50 persen,” jelas Budi Wiyana kepada wartawan ini.

Menurutnya, sekitar bulan Agustus kedepan penyerapan anggaran bisa lebih dari 50 persen. Karena sejauh ini, program- program di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih proses dan belum dikerjakan oleh pihak ketiga.

“Kalau sampai saat ini belum ada kendala terkait penyerapan anggaran, dan progam di masing – masing OPD masih berjalan sesuai perencanaan,” jelas mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban.

Untuk memaksimalkan penyerapan anggaran, Budi Wiyana menjelasakan bahwa akan di lakukan evaluasi secara berkala di beberapa OPD yang anggarannya besar. Harapannya, semua program dan perencanaan di masing – masing OPD berjalan sesuai aturan dan tepat sasaran.

“Kita terus melakukan evaluasi untuk memaksimalkan penyerapan anggaran, termasuk proses perencanaaan akan kita perbaiki agar penyerapan aggaran tepat sasaran. Dengan evaluasi itu, jika ada masalah akan segera dicari solusinya,” terang Budi Wiyana. (rohman)

Tinggalkan Balasan