Seminggu Lebih, Napi Lapas Tuban yang Kabur Masih Buron

0
Wajah napi yang kabur, Dzulkifli (kiri) dan Zainudin.

halopantura.com Tuban – Selama satu minggu lebih pengejaran terhadap dua narapidana Lapas Tuban yang kabur di siang bolong belum membuahkan hasil. Hingga saat ini kedua narapidana yang kabur dengan cara memanjat tembok pagar Lapas Tuban belum diketahui keberadaannya.

“Sampai saat ini dua narapidana yang kabur belum tertangkap. Anggota masih melakukan pencarian,” terang Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad, Senin, (5/6/2017).

Dua napi yang kabur itu diketahui Dzulkifli bin Firdaus (22), warga Desa Payaman, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Dan Zainudin (29), warga Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Baca : https://www.halopantura.com/dua-napi-lapas-tuban-kabur-setelah-terobos-kawat-berduri/

Kaburnya narapidana itu diklaim oleh pihak Lapas Tuban di karena kelalaian petugas dapur dengan melanggar standard operating procedure (SOP) Lapas pada hari libur. Sehingga dua napi itu berhasil menyusup di area steril yang berujung melarikan diri pada Minggu siang, (28/5/2017), sekitar pukul 13.00 Wib.

Kondisi kelalian itu, Kapolres Tuban menjelaskan bahwa saksi menjadi urusan Internal dari pihak Lapas Tuban. Serta dalam pemeriksaan saksi tidak ditemukan ususr pidana terhadap kasus tersebut.

”Hasil keterangan saksi bahwa kasus itu murni dari kelalaian petugas, sehingga untuk saksi menjadi urusan internal Lapas. Berbeda jika dalam kasus itu ditemukan unsur pidana, seperti petugas menerima suap untuk membantu kaburnya narapida, sehingga itu menjadi urusan kita,” jelas Kapolres Tuban.

Baca : https://www.halopantura.com/tahanan-kabur-dpr-ri-minta-kalapas-tuban-wajib-bertanggung-jawab/

Lebih lanjut, Kapolres Tuban menjelasakan berdasarkan hasil pemeriksaan tidak menemukan unsur kesengajaan yang dilakukan petugas Lapas yang mengakibatkan warga binaan kabur.

”Hasil pemeriksaan saksi tidak menemukan unsur kesengajaan yang dilakukan petugas Lapas. Tetapi kita secara penuh memback up petugas Lapas dalam pengejaran warga binaa yang kabur itu,” terang Kapolres Tuban.

Baca : https://www.halopantura.com/kalapas-tuban-keluarkan-dua-surat-penangkapan-napi-kabur/

(rohman)

Tinggalkan Balasan