Sempat Tak Terawat, Masjid Sabilillah Tuban Bakal di Konsep Eco Green

0
Kondisi Masjid Sabilillah sebelum dibersihkan (kiri) dan setelah.

halopantura.com Tuban – Kondisi bangunan Masjid Yayasan Sabilillah yang berada di tepi jalur Pantura Tuban, tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban kini kian terlihat bersih. Bahkan kedepan masjid itu bakan di konsep eco green, pusat pendidikan karakter, dan penanaman materi cinta tanah air.

Hal itu diungkapkan Ratna Dwi Kartika, Direktur Dompet Sosial Al Uswah (DSU) Tuban. Karena sebelumnya kondisi masjid itu nampak tak terawat dan sekitar bangunan masjid di tumbuhi oleh semak belukar.

“Aksi bersih Masjid Sabilillah itu dilakukan secara masif dan penuh kegotongroyongan. Serta kedepan masjid itu akan di konsep eco green,” ungkap Ratna Dwi Katika, Selasa, (6/2/2018).

Aksi gotong royong bersih masjid itu di inisiator oleh pengurus DSU Tuban dengan melibatkan beberapa relawan. Diantaranya relawan DSU Tuban, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Tuban, dan anggota Polsek Plumpang, Polres Tuban.

Selanjutnya, turut ikut aksi bersih masjid itu adalah relawan Pengurus DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tuban, Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Al Uswah Tuban, Kemenhub Tuban, Kepanduan Rehab Hati, Gabungan Satuan Karya Pramuka, Organisasi Sosial, dan beberapa komunitas peduli lingkungan lainnya.

“Total pasukan yang kami libatkan 110 personil relawan yang turun untuk membantu pembukaan area masjid yang telah lama tidak terpakai,” jelas Ratna Dwi Kartika yang juga mantan Direktur LPIT Al Uswah Tuban.

Menurutnya, aksi itu adalah murni sebagai jalan dakwah fi sabilillah dan tidak ada kepentingan hal yang lain yang terikat. Sehingga DSU Tuban sebagai inisiator mengharap bantuan dan dukungan dari masyarakat Tuban dan sekitarnya untuk bersama-sama memakmurkan Masjid Sabilillah ini.

“Kedepan Masjid di konsep eco green, pusat pendidikan karakter, dan penanaman materi cinta tanah air,” tegas Ustazah Ratna panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, Ustazah Ratna menegaskan, dengan aksi itu DSU Tuban akan berusaha konsisten di jalan dakwah dengan selalu bergandengan tangan dengan pihak terkait lainnya. “Termasuk kami juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus Yayasan Sabilillah Lamongan atas izinnya untuk membuka area Masjid itu, sehingga bisa digunakan sebagai mana fungsinya,” terangnya.

Sejauh ini kondisi masjid itu sudah bisa ditempati untuk ibadah sholat berjamah. Bahkan kondisi air bersih di area masjid juga sudah tersedia. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here