Sesuai Tahapan, 273 Kades Terpilih Tuban Dilantik Rabu di Pendopo

0
Kepala Dispemasdes dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi. (rohman)

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban H. Fathul Huda akan melantik sebanyak 273 Kepala Desa (Kades) terpilih di Pilkades serentak kemarin. Prosesi pelantikan di jadwalkan akan digelar di Pendopo Kridho Manunggal Tuban pada Rabu, 14 Agustus 2019.

“Saat ini kita sudah mulai mempersiapkan acara pelantikan,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa dan Keluarga Berencana (Dispemasdes dan KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi, Senin, (12/08/2019).

Ia mengaku sejauh ini semua proses tahapan Pilkades serentak berjalan sesuai aturan. Termasuk tidak ada kendala dari masing-masing desa yang telah menyelenggarakan Pilkades.

“Sejauh ini persiapan pelantikan berjalan lancar dan tak ada hambatan,” terang Mahmudi.

Sebelumnya, pihak dinas juga sudah melakukan koordinasi dengan kecamatan terkait pelantikan, termasuk undangan kepada semua kades terpilih. Sehingga dengan demikian secara keseluruhan pelantikan Pilkades sudah siap.

“Persiapan pelantikan secara keseluruhan sudah siap,” tegas Mahmudi.

Sementara terkait dengan empat Calon kades yang sempat mengajukan surat keberatan kepada Bupati terkait hasil Pilkades, Mahmudi menegaskan bahwa permasalahan tersebut sudah selesai dan empat Cakades tersebut tetap dilantik.

Pelantikan kepada empat Cakades itu tetap dilakukan berdasarkan atas penetapan Panitia Pilkades dan aturan desa setempat. Selain itu juga didukung dengan keputusan Bupati Tuban bahwa keempat Cakades terpilih tersebut layak dilantik.

“Yang jelas Bupati dengan surat keberatan itu sudah ditindaklanjuti dan diputuskan bahwa tetap dilantik,” ungkapnya.

Ada empat desa yang tidak terima dengan hasil proses pilkades serentak, dan melayangkan surat keberatan kepada Pemkab Tuban.

Keempat desa itu, yakni Desa Mlangi, Kecamatan Widang; Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang; Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan; dan Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak. (mus/roh)

Leave a Reply