SIG Salurkan Program Pemberdayaan Masyarakat, Kades Bogorejo: Kami Sangat Terbantu

0
Program pemberdayaan masyarakat berupa usaha peternakan ayam petelur di Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban, terus berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya melalui program pemberdayaan masyarakat di desa-desa sekitar operasional perusahaan. Hal itu sebagai wujud komitmen perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar.

Salah satu desa penerimaan manfaat dari program tersebut adalah Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Kegiatan itu didanai melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia pabrik Tuban di tahun 2020 yang telah selesai.

“Kami sangat berterima kepada PT Semen Indonesia yang sudah membantu desa kami, warga kami sangat terbantu,” kata Kepala Desa (Kades) Bogorejo Nuril Akhtiar dalam sambutannya, Selasa, (26/1/2021).

Pada tahun 2020, Desa Bogorejo ini mendapatkan 10 program yang didanai dari CSR Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban yang diberikan melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK) desa setempat.

Sebanyak 10 program itu meliput usaha peternakan ayam petelur, budaya kelinci daging, penggemukan kambing, pengembangan budidaya jamur tiram, pengajuan alat transportasi dan lain sebagainya.

“Program yang telah direalisasikan ini sangat bermanfaat buat penerima, dan kedepan penerima manfaat lebih memanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan,” ungkap Kades Bogorejo ini.

Hal senada juga disampaikan Darko Koordinator FMK Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Tuban. Ia berharap Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) atau penerima manfaat benar-benar bisa mengemban amanah yang telah diterimanya.

“Mudah-mudahan program ini bermanfaat buat penerima manfaat di tengah Pandemi Covid-19 ini,” jelas Darko di balai desa setempat.

Sementara itu, Siswanto, Community Development officer SIG Pabrik Tuban menjelaskan, agenda serah terima program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban ini merupakan momentum yang baik untuk bersama sama memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

“Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat 26 desa dan 3 kecamatan senilai 7,1 miliar,” terang Siswanto.

Menurutnya, proporsi program tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80 persen, tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11 persen. Kemudian, pada tema peningkatan kapasitas sebesar 6 persen dan 4 persen di tema karitatif.

“Program ini dikelola secara akuntabel dan partisipatif bersama kelompok penerima manfaat, tujuannya agar meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar perusahaan secara merata dan tepat sasaran,” beber Siswanto.

Lebih lanjut, ia menegaskan kegiatan ini ialah wujud komitmen perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya serius untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat sekitar,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan