Stadion TSC Tuban Gunakan Rumput Asal Amerika

1
Para pekerja tengah mengerjakan proyek lanjutan TSC Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemkab Tuban tengah serius dalam menjaga kualitas pembangunan Tuban Sport Center (TSC) yang berada di lahan sekitar 11,2 hektar di Dusun Pidengan, Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban.

Termasuk rumput stadion sepaka bola, bakal menggunakan jenis rumput baru dan sesuai dengan standar badan sepak bola dunia, FIFA, yakni zoysia matrella. Rumput tersebut berasal dari Amerika Serikat, tetapi telah dibudidayakan di wilayah Kabupaten Malang.

“Stadion ini nantinya menggunakan jenis rumput zoysia matrella berasal dari Amerika, dan diambil dari wilayah Malang,” kata Sulistiyadi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Minggu, (16/9/2018).

Menurutnya, pertimbangan menggunakan rumput zoysia matrella dikarenakan ingin menjaga kualitas stadion. Serta nantinya biaya perawatan rumput stadion terjangkau dan terbilang mudah.

“Kita juga telah melihat secara langsung kondisi rumput zoysia matrella ke Malang,” ungkap Sulistiyadi kepada wartawan ini.

Selain rumput, konstruksi lapangan sepak bola juga dibuat sedemikian rupa, agar tidak menampung genangan air saat diguyur hujan. Selain itu, di bawah rumput dipasang pipa-pipa yang mampu menyerap air.

“Ketika musim panas, pipa itu juga berfungsi untuk menyiram rumput stadion,” terang Sulistiyadi.

Pada tribun VVIP dan VIP stadion itu dirancang lantai tiga yang berada disisi barat dan timur, dengan memiliki kapasitas sekitar 2500 kursi dari total sekitar 25 ribu kursi penonton. Kemudian disekitar lapangan nantinya ada lintasan atletik.

“Semuannya masih dikerjakan, dan progres pembangunan setiap satu minggu sekali di laporkan,” terang Didit panggilan akrab Kepala Disparbudpora Tuban.

Sebatas diketahui, pembangunan proyek lanjutan TSC itu menelan anggaran sekitar Rp 58 miliar itu berasal dari APBD Tuban, direncanakan dana tersebut untuk membangun stadion sepak bola beserta tribun, lintasan atletik, dan beberapa fasilitas olahraga lainnya.

Baca : https://www.halopantura.com/optimis-tepat-waktu-pembangunan-tuban-sport-center-dikebut/

Proyek megah itu dikerjakan oleh PT Widya Satriya asal Kota Surabaya, dan progres pembangunan telah mencapai 51 persen, tercacat Rabu, (12/9/2018). Serta sampai saat ini proyek itu tengah di kebut dengan target selesai pada 5 Desember 2018.

Di harapan proyek TSC, yang menelan total anggaran senilai sekitar Rp 300 miliar akan selesai di tahun 2021 mendatang. (rohman)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here