Sungai Meluap, Banjir Terjang Kecamatan Sumobito

0
Petugas ketika berada di lokasi banjir.

halopantura.com Jombang – Selain menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Jombang, banjir juga melanda Kecamatan Sumobito. Penyebabnya karena luapan sungai gunting yang melintas di Kecamatan tersebut.

“Mulai tadi pagi banjirnya datang. Ini karena luapan sungai kali gunting,” kata Ahmad warga Sumobito, Rabu (20/12/2017).

Diketahui, sebelumnya hujan deras sejak Selasa (19/12/2017) sore hingga malam hari mengguyur Jombang. Karena tak kuat menampung air, debit sungai meningkat dan meluber ke pemukiman warga. Tiga kecamatan terendam air, diantaranya kecamatan Mojowarno, Kecamatan Bareng dan Kecamatan Mojoagung. Dengan ikut terendamnya Kecamatan Sumobito, maka ada empat kecamatan yang terendam.

Belum diketahui secara pasti jumlah desa yang terdampak luapan air sungai itu. Namun, wilayah paling parah di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung.

Sekretaris BPBD Jombang, Ahmad S Jabara mengungkapkan, pihaknya masih melakukan pendataan desa yang terendam banjir. Selain itu telah mengevakuasi warga menjadi korban banjir.

“Kita evakuasi para korban. Sudah kita siapkan untuk logistiknya dan saat ini sedang dilakukan dapur darurat untuk para pengungsi,” katanya pada wartawan. (fin/roh)

Tinggalkan Balasan