Tambang Ilegal di Gondang Bojonegoro Ditutup Paksa

0
Akses jalan masuk di tutup petugas. (Ist)
Akses jalan masuk di tutup petugas. (Ist)

halopantura.com Bojonegoro – Aktivitas galian tambang C yang berada di Dusun Puguhrejo Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro ditutup paksa oleh petugas gabungan. Karena pemilik tambang tidak memiliki ijin resmi dari pemerintah setempat.

“Aktivitas tambang kita hentikan sementara, sambil menunggu ijin turun,” terang Kapolsek Gondang, AKP Abu Nandir, Sabtu, (20/5/2017).

Penutupan tambang sementara di lahan milik Joko, warga desa setempa itu dikerenakan bahwa pemilik telah melakukan pengurusan ijin tambang, tetapi hingga saat ini belum turun. Dimana aktivitas tambang itu dilakukan atau dikelola oleh bersama –sama dari warga Kabupaten Nganjuk.

Selanjutnya, petugas bagungan terdiri dari polisi, satpol PP dan TNI turun ke lokasi untuk mematikan keberada tambang itu. Setelah dilakukan penegcekan, ternyata betul bahwa lokasi tambang itu belum ada surat ijin tambang resmi.

“Galian tambang itu dikelola warga dari Kabupaten Nganjuk, dan surat – suratnya belum lengkap setelah dicek dilokasi,” beber Kapolsek Gondang.

Lebih lanjut, Kapolsek menerangkan bahwa kegiatan tambang galian C yang tidak berizin itu melanggar Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009, tentang Tambang Mineral dan Batu Bara. Sehingga harus ditertibkan demi keamanan dan lingkungan tetap aman atau tidak rusak.

“Setelah dutup sementara, kita juga memberika penyuluhan kepada pemilik tambang dan warga untuk tidak melanjutkan kegiatan tambang, sambil menunggu ijin turun,” pungkasnya. (*/roh)

Tinggalkan Balasan