Tarik Investasi, Pemkab Tuban Miliki Mall Pelayanan Publik

0
Bupati Tuban H. Fathul Huda, ketika menjau fasilitas yang ada di Mall Pelayanan Publik.

halopantura.com Tuban – Pemkab Tuban memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, Tuban. Bangunan itu sebagai salah satu upaya untuk menarik investasi guna memacu pertumbuhan ekonomi di Bumi Wali Tuban.

“Tujuan akan meningkatkan minat berinvestasi di Kabupaten Tuban. Meningkatnya investasi akan membawa dampak positif peningkatan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat,” ungkap Bupati Tuban H. Fathul Huda, Sabtu, (5/12/2020).

Menurutnya, pembangunan MPP dimaksudkan untuk melengkapi berbagai pelayanan kepada publik. Konsep pelayanan masyarakat yang diusung mengintegrasikan 18 unit pelayanan dari kedinasan Pemkab Tuban, dan instansi vertikal lainnya. Pelayanan yang terpadu akan mempercepat dan mempermudah pelayanan masyarakat.

“Jadi tidak perlu kesana kemari dan bisa memangkas waktu,” ungkap Fathul Huda yang akan mengakhiri masa baktinya memimpin Kabupaten Tuban pada bulan Juni 2021 mendatang.

Keberadaan MPP juga mampu mempercepat dan mempermudah proses perijinan. Diantara dalam pengurusan SIUP, penertiban Kartu Pencari Kerja, dan ijin usaha lainnya.

Bupati Tuban menargetkan MPP dapat dioperasikan secara umum pada Mei 2021. Pusat pelayanan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, dan mempertimbangkan kenyamanan pengunjung. Petugas pelayanan akan dilatih agar mampu memberi pelayanan yang prima dan ramah.

Mantan Ketua PCNU Kabupaten Tuban ini menginstruksikan, Dinas PMPTSP dan Naker Tuban selaku pengelola MPP, agar memelihara bangunan MPP seluas 3.414 meter persegi tersebut. Perawatannya mencakup pemeliharaan alat, dan kebersihan lingkungan.

Pembangunan MPP dilaksanakan dalam dua tahun anggaran. Pertama, pada tahun anggaran 2020 sebesar Rp25 miliar untuk pembangunan MPP mulai lantai 1 sampai lantai 3, ditambah fokus pada lantai 1 secara keseluruhan.

Kedua, pada tahun anggaran 2021 sebesar Rp28 miliar untuk penyelesaian dan penyempurnaan pada lantai 2 dan lantai 3, serta sarana pendukung lainnya.

Sebanyak 18 dinas dan instansi vertikal terintegrasi dalam layanan MPP Tuban. Diantaranya, Dinas Dukcapil, Dinas PMPTSP dan Naker, BPPKAD, Dinas Kesehatan, Polres Tuban, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Kantor Kemenag, dan KPP Pratama Tuban, dan jajaran perbankan.

“Rencananya, akan mulai beroperasi Mei 2021 dan akan dikelola Dinas PMPTSP dan Naker,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan