Terancam Mangkrak, Pembangunan Tuban Sport Center Terkendala Dana

0
Kondisi bangunan pintu Tuban Sport Center. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pembangunan sarana olahraga yang bertaraf Internasional, Tuban Sport Center (TSC) terancam akan menjadi bangunan mangkrak. Karena sejauh ini, perkembangan pembangunan proyek itu terlihat lambat, hal itu disebabkan Pemkab Tuban masih terkendala dana.

“Kendala yang paling utama dalam pembangunan itu adalah dana, Karena Pemkab Tuban belum memiliki uang,” terang Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein, Kamis, (6/7/2017).

Proyek yang menelan dana sekitar Rp 300 miliar itu berada di Dusun Pidengan, Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding. Dengan luas lahan sekitar 10 hektar milik Pemkab Tuban.

Pada tahun 2015 yang lalu, Pemkab telah menggelontorkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 2 milyar lebih untuk pembebasan lahan pada pintu masuk, serta digunakan biaya pemerataan atau pematangan lahan. Bahkan di tahun 2016 dan 2017 ini, Pemkab Tuban kembali menggelontorkan dana yang masing – masing senilai Rp 2 miliar untuk suksesnya proyek itu.

Penambahan anggaran terus digelontorkan Pemkab Tuban untuk mewujudkan proyek yang digadang-gadang menjadi ikon Tuban. Tetapi, proyek itu nampaknya belum sepenuhnya di lirik oleh perusahan yang ada di Tuban.

Sejauh ini baru hanya ada satu perusahan Tuban yang telah bersedia memberikan sponsor sebesar Rp 2 Milyar. “Kita akan terus mengandeng perusahan yang ada di Tuban dalam rangka mewujudkan proyek itu,” tergas Wabup Tuban.

Untuk mensukseskan pembangunan itu, Wabup mengatakan bahwa Pemkab Tuban terus berupaya melakukan koordinasi dengan perusahan yang ada di Tuban dan pemerintah pusat. Serta Pemkab Tuban juga berencana dalam perubahan anggaran keungan (PAK) 2017 nanti akan ditambah dana lagi untuk pembangunan itu.

“Jika nanti di PAK masih ada dana, maka akan kita tambah. Karena dana PAK tahun ini tidak sebesar tahun lalu, sehingga kita lihat dulu,” jelas Wabup Tuban.

Dengan kondisi seperti itu, Pemkab Tuban tetap optimis bahwa pembangunan itu akan selesai dimasa kepemimpinan Bupati H. Fathul Huda pada periode ke dua ini. Terlebih Pemkab Tuban juga mengklaim proyek tersebut tidak akan menjadi bangunan mangkrak.

“Kita akan terus berusaha untuk mewujudkan pembangauan itu, sehingga pembangunan sport center dapat dirasakan oleh masyarakat Tuban,” tegas Wabup yang juga politisi senior asal PKB itu.

Wabup menambahkan, Pemkab Tuban akan terus berupaya menyelesiakan pembangunan itu, walupun dengan situasi keuangan seperti ini. Karena dulu yang Pemkab Tuban mengharapkan dapat bantuan dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), tetapi sejauh ini belum ada responya.

“Kementerian belum merespon terkait bantuan yang kita ajukan. Sebab di Pemerintah pusat banyak yang mengajukan, sehingga Tuban belum mendapat perioritas bantuan untuk proyek itu,” tambah Wabup Tuban. (rohman)

Tinggalkan Balasan