Terima Hibah Rp 7,5 Miliar, KONI Tuban Masih Kekurangan Anggaran

0
Mirza Ali Mansur, Ketua KONI Kabupaten Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Tuban tahun ini mengucurkan dana hibah sekitar Rp 7,5 miliar buat kebutuhan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban.

Jumlah dana tersebut dinilai pengurus masih kurang untuk pembinaan para atlet di masing-masing cabang olahraga (Cabor). Karena anggaran itu bakal difokuskan untuk penyelenggaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2019, sebab Tuban sebagai tuan rumah.

“Anggaran utama dari hibah Koni. Tetapi ada sebagian anggaran yang diberikan Pemkab Tuban melalu Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban untuk pelaksaan Porprov,” kata Mirza Ali Mansur, Ketua KONI Tuban, Kamis, (21/2/2019).

Menurutnya, di tahun ini Koni Tuban dialokasikan dana hibah sekitar Rp 7,5 miliar oleh Pemkab Tuban. Dana itu diprioritaskan untuk pembiayaan kegiatan Porprov, dan kontingen Tuban.

“Pemkab Tuban menyarankan agar anggaran hibah sekitar Rp 7,5 miliar itu dikonsentrasikan untuk Porprov Jatim, baik penyelenggaran Porprov maupun kontingen Tuban,” terang Aming panggilan akrabnya.

Pengurus pun mengaku jika dana tersebut habis untuk pelaksanaan Porprov Jatim. Maka pengurus dijanjikan akan mendapatkan kucuran dana lagi dari Perubahan APBD Tuban tahun anggaran 2019.

Dana perubahan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembinaan para atlet di masing-masing Cabor yang dibina Koni.

“Kami berusaha semaksimal mungkin, yang pertama dana itu untuk Porprov dan yang kedua pembinaan. Jika ada kekurangan, kami dijanjikan ada tambahan anggaran di perubahan APBD 2019,” ungkap Ketua KONI Tuban.

Menurutnya, selama pelaksanaan Porprov nanti diperkirakan menghabiskan dana dari KONI sekitar 80 persen. Sehingga, kedepan untuk kebutuhan pembinaan para atlet, dan kebutuhan sehari-hari masih kurang.

“Ya jelas masih kurang, karena perkiraan anggaran pelaksanaan Porprov sekitar 80 persen dari dana KONI,” jelas Aming.

Lebih lanjut, Aming berharap untuk kekurangan anggaran  yang akan digunakan dalam pembinaan atlet bisa di cover melalui perubahan APBD Tuban. Karena memang sesuai instruksi dana Rp 7,5 miliar itu dikonsentrasikan pelaksanaan Porprov.

“Kita ingin pelaksanaan Porprov di Tuban ini berjalan sukses dan lancar, dan target  Tuban masuk peringkat 10  besar,” harap Aming.

Pemberian sebelumnya, Kabupaten Tuban terpilih sebagai tuan rumah bersama dalam Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) ke VI Jawa Timur di Tahun 2019. Rencananya event tersebut akan digelar pada tanggal 6 sampai 13 Juli 2019.

Tuan rumah bersama itu berada di 4 Kabupaten. Diantaranya, Kabupaten Tuban ada 12 cabor yang dipertandingkan.

Kemudian Kabupaten Gresik ada 9 cabor, Lamongan 10 cabor, dan Bojonegoro ada 12 cabor. Sedangkan penutupan Porprov akan dilaksanakan di Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here