Terungkap Identitas Mayat Pria Mengapung di Laut Tuban 

0
Petugas ketika melakukan evakuasi jasad korban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Identitas mayat laki-laki yang ditemukan mengapung di perairan laut pantura, tepatnya di utara Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, akhirnya terungkap.

Mayat tersebut diketahui bernama Nasirudin (50), seorang nelayan asal Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Jenazah tersebut telah dibawa oleh keluarga duka untuk dimakamkan.

“Pihak keluarga korban telah ke RSUD dr Koesma Tuban, dan jenazah telah dibawa keluarga duka,” kata Yudi Irwanto Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Senin malam, (11/5/2020).

Ia menjelaskan, jasad yang ditemukan mengapung tersebut merupakan seorang nelayan asal Brondong. Sebelumnya, korban berangkat melaut seorang diri dengan menggunakan perahu jenis Klotok, pada Kamis, (07/5/2020) sekitar pukul 05.00 Wib.

“Tak lama berselang, terdengar informasi ada perahu jenis Klotok berputar-putar tanpa ada Anak Buah Kapal (ABK) di perairan sekitar Sedayu Lawas, Brondong, Lamongan,” terang Yudi.

Mengetahui informasi tersebut, Fauzi bersama empat rekanya asal Desa Blimbing Paciran datang ke lokasi kejadian dengan menggunakan perahu miliknya.

Setelah dicek, ternyata benar ada perahu yang tidak ada ABK-nya. Serta kondisi mesin perahu milik korban masih menyala.

“Keadaan mesin masih menyala, dan alat tangkap ikan (jaring, red) dalam posisi menebar di dasar laut,” terang Yudi.

Selanjutnya, perahu milik korban berhasil di evakuasi di pelabuhan TPI lama Brondong. Lalu, kejadian tersebut dilaporkan ke Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Lamongan dan di teruskan ke kantor Satpolairud Polres Lamongan.

“Setelah dilaporkan, dilakukan pencarian terhadap korban,” terang Kepala Pelaksana BPBD Tuban.

Petugas langsung melakukan pencarian dengan menggunakan armada kapal polisi KP X-1041. Pencarian dilakukan dengan melakukan penyisiran di titik awal korban hilang hingga kurang lebih sejauh 6 mil.

“Pencarian sudah berjalan 3 hari, tetapi korban masih belum di temukan. Hingga akhirnya di temukan di Tuban,” jelasnya.

Pemberian sebelumnya, sosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan mengapung di perairan laut pantura, tepatnya di utara Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Senin, (11/5/2020).

Mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang nelayan yang hendak pulang usai mencari ikan. Selanjutnya, kejadian tersebut dilaporkan ke petugas dan berhasil di evakuasi untuk dibawa ke RSUD dr. Koesma Tuban. (rohman)

Tinggalkan Balasan