Tiga Fraksi DPRD Tuban Suarakan Tes Perangkat Desa Transparan

0
Wakil rakyat ketika menyampaikan sikap di kantor DPRD Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Tiga Fraksi DPRD Tuban meminta agar pelaksanaan tes perangkat desa yang akan digelar Selasa, (12/12/2017), dilaksanakan secara terbuka dan fair play. Serta wakil rakyat juga meminta jika ada oknum yang bermain untuk ditindak tegas dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Sikap itu diambil fraksi lantaran berkembang opini di masyarakat ada dugaan oknum yang bermain dalam pelaksanaan tes tersebut. Sikap tiga fraksi tersebut muncul dari Fraksi PDI Perjuangan, Gerindra, dan Partai Golkar dan Keadilan Sejahtera.

“Kita mendorong penyelenggaran dan panitia disemua lapisan untuk melaksanakan tes secara terbuka dan transparan. Sehingga nantinya terpilih perangkat desa yang berkualitas dan bermartabat,” ungkap Rudi Hariyanto, Ketua Fraksi Partai Golkar dan Keadilan Sejahtera, di gedung DPRD Tuban, Selasa, (11/12/2017).

Hal itu juga diamini oleh Nurhadi Sunar Endro, Fraksi Gerindra. Ia menambahkan segala bentuk kecurangan yang ada didalam pelaksana tes perangkat desa untuk ditindak tegas, dan diproses secara hukum yang belaku.

“Siapun yang bermain (menyalahi aturan,red) harus ditindak secara tegas, termasuk oknum dewan jika terbukti,” tegas Nurhadi Sunar Endro yang juga Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Tuban.

Hal sama juga disampaikan Andi Hartanto, Ketua Fraksi PDI Perjuangan. Ia menegaskan supaya semua masyarakat ikut mengawasi jalannya pelaksanaan tes perangkat desa. Serta  meminta agar penegak hukum menindak tegas jika ada oknum yang bermain atau curang dalam proses seleksi perangkat desa.

“Kita berharap semua transparan dan fair play dalam seleksi perangkat desa. Demi Tuban lebih baik, jangan sampai seperti Bojonegoro,” tegas Andi Hartanto.

Sebatas informasi, saat ini tim pembuat soal yang terdiri lima orang telah di karantina di ruang Bupati Tuban. Selain itu, meraka  juga tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi seperti handphone demi menghindari soal atau kunci jawaban bocor.

Soal akan di distribusikan dimasing-masing kecamatan pada saat  pelaksanaan tes dengan dikawal ketat aparat.

Pada pengisian lowongan pengisian perangkat desa di Kabupaten Tuban pada tahun 2017 ini ada 418 lowongan perangkat desa. Sedangkan, yang daftar perangkat desa ada 5.412 peserta.

Dengan rincian pelamar Kaur 733 pelamar, Kasi 668 pelamar, Kadus 579 pelamar, dan Sekdes 3.432 pelamar. (rohman)

Tinggalkan Balasan